| |

Gerakan Sejuta Pohon: Ini Pohonku…Mana Pohonmu?

IMG_7591.jpgIMG_7756.jpgIMG_7617.jpgIMG_7715.jpgIMG_7765.jpgIMG_7629.jpg

Teman-teman, pernahkah kalian mendengar Gerakan Menanam Sejuta Pohon? Ya…, Benar….! Sesuai namanya, kegiatan ini berhubungan dengan tanam-menanam pohon. Nah, teman-teman, tanggal 10 Januari adalah hari Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup Sedunia. Setiap tanggal ini semua orang di seluruh dunia  diingatkan untuk menyadari betapa pentingnya melestarikan pohon. Pohon merupakan makhluk hidup yang memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia.

Pada hari Jumat, 10 Januari 2020 kami siswa-siswi SD Kristen Petra 12 Sidoarjo melakukan aksi mengumpulkan sejuta pohon. Setiap siswa dihimbau untuk membawa satu tanaman yang akan ditanam di sekolah. Jenis tanaman yang dibawa bebas, boleh tanaman bunga, buah, maupun toga. Ternyata antuasisme para siswa sangat luar biasa. Sekitar 500 tanaman telah terkumpul dan siap ditanam di area SD Kristen Petra 12.

Pagi itu, seluruh siswa siswi mulai kelas 1- 6 berkumpul di aula untuk menyaksikan sebuah tayangan dan penjelasan singkat tentang Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup yang disampaikan oleh Bapak Johanes. Sebelum mendengarkan penjelasan, para siswa menyaksikan sebuah peristiwa yang saat ini sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, ya.. peristiwa banjir dan tanah longsor. Bencana ini telah merenggut banyak sekali korban, baik nyawa manusia maupun harta benda tidak terhitung kerugiannya. Semua itu adalah akibat ulah manusia yang telah merusak kelestarian hutan.

Ibadah Natal

Pada hari Kamis, 12 Desember 2019 siswa-siswi SD Kristen Petra 12 Sidoarjo melaksanakan  ibadah natal di GKI Trunojoyo. Ibadah natal dibagi dalam dua sesi yaitu sesi I untuk siswa kelas kecil (1-3) pukul 08.00-09.00 dan sesi II untuk kelas besar (4-6) pukul 09.30-10.30. Ibadah dipimpin oleh ibu pendeta Susanne Kurniawati, S.Si. dengan mengangkat tema “Sang Tunas Pembawa Harapan“.  Bacaan alkitab dari Lukas 2:8-14. Dalam ibadah natal ini disampaikan bahwa Sang Tunas Pembawa Harapan yaitu Tuhan Yesus adalah jawaban bagi kita umat manusia. KedatanganNya menyalakan harapan di tengah rasa putus asa.

IMG_9907.jpgIMG_9927.jpgIMG_9855.jpgIMG_9743.jpg
 

Dalam ibadah natal ini juga ditampilkan beberapa perform siswa, diantaranya duet antara Isabelle (kelas III B) dengan Aimee (kelas III A) menyanyikan lagu “ Have Yourself a Merry Little Christmas “. Annabelle (kelas IIIA) membawakan solo “ Seribu Lilin”, dan Christabella membawakan sebuah puisi berjudul “Asalkan Yesus Bersama Kita”.

Seusai ibadah natal, para siswa benar-benar mendapat berkat dan keyakinan bahwa Sang Tunas Pembawa Harapan telah lahir dan akan selalu berada di tengah-tengah kita yang siap menemani dalam suka maupun duka.

Setelah kegiatan ibadah selesai, para siswa kembali ke sekolah dan melanjutkan kegiatan membuat kartu natal yang ditujukan untuk orang tua. Kartu natal dibuat sekreatif mungkin, sebagai ungkapan syukur atas kebaikan dan kasih sayang orang tua kepada anak-anak. Natal kali ini benar-benar membawa damai dan sukacita bagi kita semua.

Kartu ucapan natal yang telah dihias ditempel pada parcel tas kecil yang telah disediakan sekolah. Wah… sungguh indah hadiah natalku. Selamat natal mama dan papa…! Selamat natal bapak dan ibu guru…! Selamat natal teman-teman semua…! Tuhan Yesus memberkati…!

To be a Better Me

Pada hari Rabu- Jumat, 23-25 Oktober 2019 siswa-siswi kelas V SD Kristen Petra 12 Sidoarjo melaksanakan camp siswa di GKI Pacet dengan tema “To be a Better Me”. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan PPPK Petra sebagai upaya untuk meningkatkan kerohanian siswa khususnya siswa kelas V. Camp siswa ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Hari ke-1 kami berkumpul di sekolah pada pukul 08.30.  Semua siswa bersiap-siap untuk berangkat ke GKI Pacet. Tepat pada pukul 09.00 kami pun berangkat, setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam, sampailah kami di Griya Kusuma Indah Pacet pada pukul 11.00.

IMG_4756.jpgIMG_4468.jpgIMG_3971.jpgIMG_3802.jpgIMG_4898.jpgIMG_3979.jpgIMG_4645.jpgIMG_4644.jpg

Kami langsung mengikuti Welcoming Celebration, ibadah pembukaan, pengarahan, dan pembagian kamar. Pada pukul 12.30 kami makan siang dilanjutkan kegiatan outbond. Pada pukul 16.00 kami mendapat kesempatan untuk beristirahat sejenak sambil mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan sesi I. Usai makan malam, tepatnya pada pukul 19.00 kami menyaksikan sebuah drama bertema “Me” yang diperankan oleh para guru pendamping. Sebelumnya kami menaikkan lagu-lagu pujian berirama riang dan melakukan beberapa permainan. Melalui drama ini kami mendapat pesan moral yang mengajarkan agar tidak membully teman, karena pada dasarnya setiap anak adalah istimewa.

Pada pukul 20.00 kegiatan dilanjutkan dengan Let’s Talk. Sebuah media mentoring para guru dengan siswa secara personal dalam kelompok. Di mana siswa maupun guru dapat melakukan sharing tentang pengalaman hidup.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 21.00. mata kami terasa berat dan ingin beristirahat. Setelah berdoa bersama, kami pun istirahat malam dan terlelap dalam indahnya mimpi.

Good morning God …! Saatnya kami bangun pagi dan berdoa untuk memulai serangkaian kegiatan hari ini. Setelah mengisi perut dengan sarapan pagi, kami pun siap dengan kegiatan pertama di hari kedua ini. Yeaah….!  Ibadah Padang…! Menikmati udara segar di alam terbuka, pemandangan alam yang indah memesona. Betapa setiap keindahan alam adalah anugerah Tuhan semata. Ibadah padang berlangsung selama satu jam dan berakhir pada pukul 08.00

Kegiatan selanjutnya adalah Group Discussion yang dipimpin oleh para guru pendamping. Dalam kegiatan ini kami mendiskusikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan  betapa istimewanya diri kami, sehingga kami harus senantiasa bersyukur atas keistimewaan masing-masing.

Tepat pada pukul 10.00 – 12.30 adalah kegiatan pengarahan dan persiapan kegiatan selanjutnya. Setelah makan siang, kami pun beristirahat untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan selanjutnya.

Aahhh….! Segarnya mandi sore…! Kami pun siap untuk mengikuti kegiatan Ria Kala Senja. Dalam kegiatan ini setiap kelompok menampilkan karya seni setiap talenta yang kami miliki. Ada fragmen, drama, nyanyian, puisi dan lainnya. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 18.00 waktunya makan malam. Pada hari kedua inilah  saatnya session : Kau Tlah Buatku Istimewa yang dipimpin oleh pendeta Danny Nobret, S.Th. dari GKI Emaus Surabaya.

Setelah session, acara berikutnya adalah Camp Fire: “To be a Better Me”. Kami diajak untuk berjalan dalam keheningan ke depan panggung dengan membawa lilin yang satu persatu dinyalakan untuk membentuk salib. Sesi ini diakhiri dengan doa dari para guru kepada siswa-siswi peserta camp. Rasa lelah dan kantuk setelah seharian mengikuti berbagai kegiatan, membuat kami tak tahan untuk segera beristirahat dan terlelap.

Kukuruuuyuuuuuk…..! Ah , tak terasa waktu pagi telah tiba.  Saatnya kami berkemas dan bersiap-siap untuk meninggalkan GKI Pacet. Berat rasanya hati kami mau meninggalkan GKI Pacet. Banyak kenangan dan kebersamaan yang kami alami di sini. Setelah para pendamping memberikan evaluasi, kesan dan pesan, serta acara foto bersama, tepat pada pukul 10.00 kami meninggalkan GKI Pacet.

Selamat tinggal Pacet…! Selamat datang Sidoarjo….! Selamat datang SD Kristen Petra 12…! Kami datang dengan membawa hati yang penuh damai dan sukacita. Terima kasih Tuhan untuk semua berkatMu, atas kesempatan untuk merefleksikan diri betapa istimewanya kami di mata Tuhan. Amin…!

Outing ke Bernardi Sidoarjo

IMG 5925

Pada hari Kamis, 28 Oktober 2019 siswa-siswi kelas II SD Kristen Petra 12 melakukan outing ke Bernardi Sidoarjo. Bernardi adalah sebuah pabrik makanan olahan berbahan dasar daging sapi dan ayam. Tujuan dari outing ini adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak bagaimana proses pengolahan makanan, mulai dari proses pemilihan bahan, pembuatan, dan pemasaran produk makanan olahan. Dengan mengendarai bus, kami berangkat dari sekolah pukul 08.00 dengan hati yang senang dan gembira.

IMG 4989

Sampai di Bernardi kami langsung disambut hangat oleh kakak-kakak pendamping dari Bernardi. Kemudian kami dibagi dalam dua kelompok. Setiap kelompok diberikan pengarahan singkat tentang rute yang akan ditempuh selama outing. Rute pertama untuk kelompok 1 adalah menonton video sejarah berdirinya Bernardi. Setelah mendengarkan penjelasan singkat, kami diberikan beberapa pertanyaan seputar sejarah Bernardi. Bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan hadiah souvenir Bernardi.

IMG 5006 IMG 5055

We Are Excellent Kids - Art, Science, And Charity Event

IMG_2284.jpgIMG_2065.jpgIMG_2022.jpgIMG_2202.jpgIMG_1960.jpg
 

Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 SD Kristen Petra 12 mengadakan Art, Science, and Charity Event dengan tema “We Are Excellent Kids”.  Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah sebagai sarana pengenalan SD Kristen Petra 12 kepada khalayak, khususnya para orang tua yang ingin mendapat informasi tentang berbagai kegiatan dan program di SD Kristen Petra 12. 

Menjelang pembukaan tahun ajaran baru 2020/2021 kegiatan seperti ini mutlak diperlukan, mengingat banyak orang tua siswa jenjang TK yang belum mengetahui berbagai kegiatan dan program unggulan dari SD Kristen Petra 12.

Dengan mengangkat tema “We Are Excellent Kids”, SD Kristen Petra 12 memberikan kesempatan kepada siswa-siswi TK untuk menampilkan talenta yang dimilikinya dalam even ini. Berbagai macam lomba diadakan dalam acara ini, yaitu lomba mewarnai, lomba solo vocal, dan, kreasi stempel. Peserta lomba adalah siswa-siswi TK Petra dan TK luar Petra. Ada 34 orang peserta dalam lomba ASCE ini.

Pagi itu seluruh peserta lomba dengan penuh semangat sudah berkumpul di halaman SD Kristen Petra 12 pada pukul 07.30. Kegiatan segera dimulai dengan menyanyikan lagu Di Sini Senang di Sana Senang.  Pemandu acara dibawakan oleh Ibu Devi dan Ibu Yoke dengan riang gembira menyambut kedatangan para peserta lomba yang sudah bersiap di depan panggung.

boost the values reap the success