| |

Aku, Pahlawan Kecil Masa Kini

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya” ini merupakan salah satu kutipan yang pernah disampaikan oleh Presiden Soekarno kepada rakyat Indonesia. Melalui kalimat tersebut kita semua diingatkan untuk selalu mengenang dan menghargai para pahlawan yang sudah rela berkorban untuk kemerdekaan Indonesia. Pada hari Kamis, 11 November 2021, kami siswa-siswi SD Kristen Petra 12 bersama-sama memperingati Hari Pahlawan.

Screen_Shot_2021-11-10_at_07.59.15_6.jpgScreen_Shot_2021-11-10_at_9.12.04_AM_4.jpgPahlawan_8_8.jpgWhatsApp_Image_2021-11-10_at_07.54.29_2.jpgPahlawan_8_-_Copy_9.jpgWhatsApp_Image_2021-11-10_at_09.06.50_12.jpgScreen_Shot_2021-11-10_at_09.01.16_5.jpgScreen_Shot_2021-11-10_at_07.59.15_-_Copy_7.jpgWhatsApp_Image_2021-11-10_at_07.41.37_3.jpgWhatsApp_Image_2021-11-10_at_09.06.50_-_Copy_1.jpg

Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan pada saat itu, seperti menonton drama animasi, menyaksikan video paparan mengenai sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah, menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti “Surabaya oh Surabaya” dan “Pahlawan Merdeka” bersama Bapak dan Ibu guru. Di dalam video tersebut, kami juga diingatkan bahwa kami pun bisa menjadi pahlawan kecil masa kini. Bagaimana caranya? Yaitu dengan terus melanjutkan perjuangan para pahlawan di zaman modern seperti saat ini. Kita harus tekun belajar meskipun secara daring, terus berjuang menjadi anak-anak yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, serta memiliki karakter yang baik sehingga kehadiran kita bisa membawa hal-hal baik juga bagi orang-orang di sekitar kita.

Teman-teman, mari kita berjuang menjadi pahlawan terbaik masa kini versi kita. It’s ok, jika kita belum bisa melakukan hal yang besar bagi bangsa Indonesia. Yang penting, jangan menyerah ya... Kita bisa memulainya dengan melakukan ha-hal kecil terlebih dahulu namun tetap membawa manfaat bagi kemajuan bangsa. Sekian cerita kami mengenai kegiatan Hari Pahlawan. Semoga bisa membakar semangat kalian juga ya…!

Every Kid is Unique

Memasuki bulan Oktober ini SD Kristen Petra 12 mengadakan kegiatan Art, Science and Charity, dengan mengangkat tema “Every Kid is Unique, Let's Explore Together”. Masing-masing dari kita diciptakan Tuhan secara unik dan berbeda-beda, namun dari perbedaan itulah yang membuat indah. Masing-masing dari kita juga mempunya talenta yang berbeda pulaa.

asc_7.jpgasc_1.jpgasc_2.jpgasc_5.jpgasc_6.jpgasc_3.jpgasc_4.jpg

Nahh, dalam ASC 2021 ini, SD Kristen Petra 12 juga mengadakan perlombaan yang diikuti oleh siswa siswi jenjang TK B seluruh Indonesia lhooo. Ada peserta yang dari Sumatera Utara juga ikut berpartisipasi dalam acara kali ini. Apa saja perlombaan nya? Ada fashion show dengan bahan barang-barang bekas, Tiktok Dance, dan Duet Singing contest with parents. Semua anak-anak yang berpartisipasi merupakan anak-anak yang hebat, mereka masing-masing menunjukan bakat nya. Dan hasilnya pun juga luar biasaa. Mereka memaksimalkan talenta yang Tuhan berikan.

Tidak hanya perlombaan, dalam ASC kali ini kami juga mengadakan acara Family Gathering, yang diikuti siswa siswi jenjang TK B seluruh Indonesia juga. Lalu apa saja kegiatan Family Gathering kali ini? Kali ini kami bersama-sama diajak untuk mengenal SD Kristen Petra 12 lebih jauh secara virtual. Kami diajak untuk berkeliling sekolah, mengenal kegiatan pembelajaran di sini, fasilitas-fasilitas yang digunakan. Semuanya menikmati jalan-jalan virtual mengelilingi SD Kristen Petra 12.

Setelah lelah berkeliling, kami diajak bersama-sama untuk melakukan Science Experiment tentang kapilaritas atau meresapnya air melalui celah-celah kecil. Dengan melakukan percobaan sederhana menggunakan tissue, air yang dituang dari gelas, dan pewarna makanan, kami semua belajar bahwa air dalam gelas yang berwarna akan meresap ke celah-celah tisu dan warna tisu akan berubah menjadi warna warni. Wow ! semuanya sangat bersemangat untuk mengikuti percobaan kali ini. Terbukti dengan banyak anak yang sudah behasil untuk mengubah warna tisu menjadi warna-warni.

Kami juga bersama menyaksikan video excellent point dari SD Kristen Petra 12, yaitu tari tradisional. Apa sih excellent point itu? Excellent point adalah keunggulan dari SD Kristen Petra 12. Bakat-bakat terpendam anak-anak akan semakin tergali dan terasah di sini. Ternyata tidak hanya siswa-siswi saja lho yang pandai dan berbakat dalam hal tari tradisional. Bapak/ibu guru pun juga berbakat dalam membawakan tari tradisional yang ditampilkan dalam video excellent point. Waahhh ! Hebaaatttt !

Selain itu, kami juga diajak untuk bersama-sama membuat kerajinan wayang. Wayang gunungan yang sederhana, kami sudah menyiapkan pensil warna, kertas, pensil dan pengahpus. Kemudian dengan dipandu oleh ibu guru, kami semua memulai membuat kerajinan ini. Kami dipersilahkan mengisi gunungan wayang ini dengan kreatifitas kami masing-masing. Ternyata setelah semua selesai dan menunjukan hasilnya, wow kami terkejut, sungguh indah sekali wayang-wayang yang dibuat. Kami bangga kerena sebagai generasi muda, kami tidak lupa dan tetap melestarikan budaya Indonesia.

Nahh, saat yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman pemenang lomba.. Yeayyyy semua nya sudah tidak sabar untuk mendengarkan pengumuman lomba. Berikut adalah para pemenang lomba :

Lomba Fashion Show

Juara 1 Josephine Zevania Mireille Gunawan

Juara 2 Aqquinnette Christabel Pratama

Juara 3 Oliver Matthew Harmanto

Lomba Tiktok Dance

Juara 1 Kayra Valerie Djunanto

Juara 2 Zwitzianka A. Eleanor

Juara 3 Dave Alpha Riyadi

Lomba Duet Singing Contest

Juara 1 Lyonel Damar Aldestra Pembarep Kusumo

Juara 2 Ellen Kuncoro

Juara 3 Sia Veodora Cadenza Langi

Selamat sekali lagi untuk para pemenang,. Terus kembangkan bakat kalian yaaa…!

Semoga kegiatan Art, Science and Charity ini bisa menjadi awal yang baik untuk kita selalu mengembangkan bakat dan talenta yang Tuhan sudah anugerahkan kepada kita. Amin.

Tetap semangaat , dan jaga kesehatan. Tuhan memberkati.

Pentingnya Minum Obat Cacing

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan oleh aktivitas cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing yang masuk ke tubuh tersebut dapat menyerap nutrisi dan berkembang biak dalam jumlah banyak. Itulah mengapa, pengidap cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi dan gangguan kesehatan lainnya. Bukan hanya menyerang sistem pencernaan, cacingan pada anak juga kerap menyerang organ lainnya seperti paru-paru, kulit, bahkan otot. Jenis-jenis cacing yang rentan menyerang anak dan mengakibatkan cacingan.

Resize_Obat_Cacing_1.jpgResize_Obat_Cacing_4.jpgResize_Obat_Cacing_5.jpgResize_Obat_Cacing_2.jpgResize_Obat_Cacing_3.jpg

Ternyata begitu berbahaya ya teman-teman penyakit cacingan itu, yuk jangan sepelehkan penyakit yang ada dalam tubuh kita. Tau gak sih teman-teman pada hari Senin, 13 September 2021 SD Kristen Petra 12 mengadakan minum obat cacing bersama. Kegiatan ini dilakukan secara serentak mulai dari kelas I – VI dengan melalui via zoom. Di mulai pukul 09.15 sampai dengan 09.45 sebelum kegiatan ini dimulai, para siswa diberikan pengarahan terlebih dahulu oleh dr Jacynta dan suster Meilia selaku dokter dan perawat UKS.

Dokter memberikan arahan pentingnya kita meminum obat cacing bagi kesehatan tubuh kita. Dokter juga memberikan banyak pujian, buat anak-anak kelas I sampai kelas VI yang sangat hebat-hebat bisa minum obat sendiri, tanpa bantuan orang tua.

Jadi buat temen-temen ayo kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara minum obat atau vitamin dan berolahraga, dan tak lupa meminum obat cacing setiap 6 bulan sekali. Jaga kesehatan ya, salam sehat buat kita semua.

Being Healthy is Happy and Wealthy

Hayo, siapa yang masih ingat isi dari 1 Korintus 3:16? Ya, tepat sekali! Tubuh kita adalah bait Allah. Untuk itu, kita harus menjaganya dengan sungguh-sungguh. Salah satu cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan berolah raga. Dalam seminggu, berapa kali biasanya kalian berolahraga? Nah, untuk memotivasi kami dalam berolah raga, maka pada hari Kamis, 9 September 2021, siswa-siswi SD Kristen Petra 12 diajak untuk merayakan HAORNAS bersama Bapak dan Ibu guru secara virual. Apa itu HAORNAS? HAORNAS adalah singkatan dari Hari Olahraga Nasional. Tahukah teman-teman, Hari Besar yang diperingati setiap 9 September ini merupakan hari pembukaan PON I di Surakarta pada tahun 1948? Hari bersejarah bagi dunia olahraga di Indonesia ini akhirnya ditetapkan oleh pemerintah sebagai HAORNAS.

Resize_HAORNAS_2.jpgResize_HAORNAS_3.jpgResize_HAORNAS_1.jpgResize_HAORNAS_5.jpgResize_HAORNAS_4.jpg

Pada perayaan HAORNAS kemarin, kami melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan tentunya. Apa saja itu? Pertama, kami diajak untuk menyaksikan sejarah HAORNAS melalui tayangan video animasi. Setelah itu kami bersama-sama menyanyikan Mars HAORNAS. Namun, ada yang spesial nih, karena Mars tersebut menggunakan video klip berupa kegiatan olahraga yang sedang dilakukan oleh Bapak dan Ibu guru, serta semua karyawan SD Kristen Petra 12. Wah, semangat kami semakin terbakar untuk rutin berolahraga. Selanjutnya, kami diajak untuk berolahraga bersama yang dipimpin oleh salah satu guru kami. Wow, segar deh rasanya setelah berolahraga. Tubuh menjadi lebih bugar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran berikutnya.

Kemudian, kami juga diberi penjelasan mengenai sejuta manfaat yang bisa kami peroleh ketika rutin berolahraga. Contohnya, daya tahan tubuh kita akan semakin meningkat sehingga kita tidak mudah sakit, khususnya dimasa endemik Covid-19 seperti saat ini. Selain itu, dengan rutin berolahraga, maka mood kita akan menjadi lebih baik. Kita bisa lebih bersemangat dan berbahagia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Mahatma Gandhi juga pernah berpesan, bahwa harta yang sejati adalah kesehatan, bukan emas maupun perak. Untuk itu, mari kita bersama-sama rajin berolahraga. Bagaimana teman-teman, serukan kegiatan perayaan HAORNAS kami? Semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk melakukan kegiatan yang baik bagi tubuh kita. Ingat, being healthy is happy and wealthy. Salam olahraga!       

Upacara Bendera Virtual HUT Ke-76 RI

Merdeka! Merdeka ! Merdeka!

Itulah pekik kemerdekaan yang kami serukan sebagai ungkapan kebanggaan keluarga besar SD Kristen Petra 12. Meskipun pandemi Covid 19 masih belum berlalu, dengan penuh semangat kami mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dalam memperingati HUT ke-76 RI yang berlangsung pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 dengan mengusung tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Secara spesial kami juga melakukan upacara bendera secara virtual meskipun sebenarnya kami merasa rindu untuk mengadakan upacara di tengah lapangan sekolah SD Kristen Petra 12 tercinta.

R_Screen_Shot_2021-08-20_at_08.40.22.jpgR_Screen_Shot_2021-08-20_at_08.42.43.jpgR_4C_20_Marvelous_Davison_.jpgR_Velove-1B-26.jpgR_IMG-20210817-WA0057.jpgR_4C.11.JEVA.jpgR_Screen_Shot_2021-08-20_at_08.38.49.jpgR_6A.16._Jesse.jpg

Upacara bendera yang diikuti oleh siswa dan guru-guru secara virtual berlangsung dengan khidmat melalui tayangan di kanal youtube P’twelve Sidoarjo dengan link sebagai berikut : https://youtu.be/JyJuqwg92ds Dengan penuh haru dan bangga anak-anak dan guru-guru SD Kristen Petra 12 mengabadikan moment tersebut, dengan mengambil gambar saat melakukan penghormatan bendera merah putih.

Tidak hanya mengikuti di kanal youtube P’twelve Sidoarjo saja, anak-anak kelas IV-VI dan guru-guru juga mengikuti upacara bendera yang disiarkan secara live di Istana Merdeka. Tak lupa juga kami mengabadikan momen saat memberi penghormatan pada bendera merah putih.

 

Semoga pandemi segera berlalu dan kedepannya kami bisa melaksanakan upacara bendera secara offline di lapangan sekolah tercinta SD Kristen petra 12.

boost the values reap the success