| |

Imunisasi Campak

Hidup sehat adalah hak setiap anak. Pemerintah Indonesia mewajibkan anak-anak usia sekolah dasar mendapatkan imunisasi campak untuk melindunginya dari penyakit-penyakit kelainan bawaan.

Pada tanggal 19 Oktober 2020, SD Kristen Petra 12 melaksanakan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) Campak untuk siswa kelas I, yang merupakan program dari pemerintah. Adapun manfaat dari imunisasi ini adalah sebagai “Booster” imunisasi campak yang telah dilakukan pada waktu bayi. Booster campak perlu dilakukan karena kekebalan yang didapat pada waktu bayi sudah berkurang, bahkan bisa hampir habis pada saat usia sekolah.

Image_1.jpgImage_3.jpgImage_4.jpgImage_2.jpgImage_5.jpg

Oleh karena itu harus diperkuat dengan pemberian imunisasi lanjutan, karena kondisi saat ini sedang Pandemi Covid-19, imunisasi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Antusiasme kesadaran orangtua siswa SD Kristen Petra 12 sangat besar. Mereka terlihat begitu bersemangat mengantarkan putra-putrinya untuk mendapatkan imunisasi di sekolah. Pemberian imunisasi campak ini dilakukan oleh tim medis sekolah yang terdiri dari dokter dan suster sekolah, dibantu dua dokter dan  satu suster dari Puskesmas Sidoarjo.

Pelaksanaan imunisasi ini dimulai pada pukul 08.00 sampai 13.00 bertempat di depan ruang UKS/UKGS secara “drive thru”. Mengingat saat ini masih terjadi pandemi, maka protokol kesehatan harus kami jalankan dengan ketat.

Puji Tuhan kegiatan imunisasi campak ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, karena ada kerjasama yang baik antara tim medis , orang tua, dan para guru. Tetap sehat dan tetap semangat bagi kita semua. Selalu jaga kesehatan di manapun kita berada. Salam sehat !

Tetap Produktif Di Masa Pendemi Lewat Kegiatan Bulan Bahasa

Pendemi belum berakhir, kawan, dan kita tidak tahu sampai kapan masa ini berakhir. Namun sebagai generasi muda, kita harus terus produktif melakukan hal-hal bermakna. Di SD Kristen Petra 12, kami memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan kemampuan kami agar kami terus produktif dalam berkarya dan berprestasi. Salah satunya adalah kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa dalam bentuk lomba mendongeng untuk Kelas 1-3 dan membuat video animasi untuk Kelas 4-6.

Image_1.jpgImage_3.jpgImage_4.jpgImage_2.jpgImage_5.jpgImage_6.jpg

Tara....inilah teman-teman yang berhasil dalam lomba. Lomba mendongeng diraih oleh Shannon – Kelas I Juara I, Jessica Trista - Kelas III Juara II, Kayla - Kelas III Juara III. Sedangkan pemenang lomba membuat animasi, dimenangkan oleh Daniel Nindya – Kelas VI Juara I, Michael Nissi - Kelas IV Juara II, Andrew - Kelas IV Juara III.

Ternyata banyak sekali karya teman-temanku di SD Kristen Petra 12 yang luar biasa, lho, teman-teman. Meskipun kali ini belum berhasil meraih juara, namun semangat kami tidak surut. Terus produktif lewat hal-hal positif dari kemampuan dan talenta yang sudah diberikan Tuhan buat kita. Maju terus Generasi Muda Indonesia.

Meriahnya Perayaan HUT RI Ke-75 di Sekolahku

Walaupun saat ini negara kami Indonesia tercinta masih dilanda pandemi Covid-19, hal ini tidak menyurutkan kegembiraan kami siswa-siswi SD Kristen Petra 12 Sidoarjo dalam memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-75. Sontak gembira kami rasakan ketika mendapat informasi tentang berbagai lomba yang akan diselenggarakan dalam perayaan HUT RI ke-75 . Tentu saja berbagai lomba tersebut masih harus dilakukan secara daring.

IMG-2022.jpgIMG-2021.jpgIMG-2020.jpgIMG_2023.jpg

Betapa senangnya kami, meski belajar dari rumah, kami tetap bisa beraktifitas merayakan HUT RI yang diselenggarakan sekolah. Tema HUT RI kali ini adalah"Terus Berjuang dan Berkarya di Tengah Pendemi". Ada 6 jenis lomba yang diadakan untuk jenjang kelas I sampai kelas VI. Untuk Kelas 1-III, ada lomba menghias bekal, foto keluarga sehat, dan menyanyikan lagu perjuangan. Sedangkan Kelas IV-VI ada lomba poster, menghias masker, dan Tik-Tok Perjuangan.

Berbeda dengan lomba pada tahun sebelumnya, kali ini kami mengirimkan hasil karya  dalam bentuk foto atau video ke panitia lomba. Menariknya lagi, semua karya dari peserta lomba dibuat dalam bentuk video oleh panitia dan ditayangkan bersama pada hari Jumat, 14 Agustus 2020. Kami sungguh senang bisa melihat penampilan teman-teman saat mengikuti berbagai lomba.

Terlihat dari penampilan para peserta lomba, semua berusaha menunjukkan penampilan terbaik mereka. Semangat yang membara tampak saat mereka tampil. Semua penampilan apik para peserta lomba dikemas secara menarik oleh Tim IT sekolah sehingga kami semua dapat menikmati keindahan penampilan dan kreativitas dari semua peserta lomba. Penasaran kan? Yuk, ikuti Youtube channel sekolah kami: https://www.youtube.com/watch?v=o3yQiNIV3fo

Hari Rabu, 19 Agustus 2020 merupakan hari yang kami tunggu-tunggu. Berdebar-debar menantikan siapa para pemenangnya. Tara.....inilah para pemenangnya. Lomba Menghias Bekal: Juara 1,Aleeza Puarannu Benata Taruk-IB; Juara 2,Matthew Louis Yonathan-IIIB; Juara 3,Leander Alden Arkana Kusuma-IC. Lomba Foto Keluarga Sehat: Juara 1, Bagas Putra Mahardika-IIA; Juara 2,Carlos Jaden Santoso-II C; Juara 3, Khesedya Bernard Abdiel-IIIA. Lomba Menyanyikan Lagu Perjuangan: Juara 1,Livia Emily Adiguna Ngoe-IIIC; Juara 2, Shannon Maxene Anantho-IC; Juara 3, Odelia Bossanova Prasojo-IC. Lomba Poster: Juara 1, Michael Nissi Stephanus-IVB; Juara 2,Randy Graysen Siswanto-IVC; Juara 3, Andrew Christopher Lincoln-IVC. Lomba Menghias Masker: Juara 1,Nicholas Janson Giovano-IVC; Juara 2,Vincent Jap-VIB; Juara 3,Amaris Edna Sukesi-VIB.  Lomba Tik-Tok: Juara 1,Christabella Gracia Purnomo-IVB; Juara 2, Joshua Kean-VB; Juara 3,Daniel Nindya Priambada-VIB.

Teman-teman, yuk terus berkarya meski pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Terus berjuang dan berkarya melalui setiap talenta dan minat kita, meski kali ini kamu belum meraih juara. Semangat terus ya…! Semua kegiatan ini adalah untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke 75. Dirgahayu Indonesiaku…! Tetap jaya dan semakin maju bangsaku

Tetap Sukacita dan Semangat Menapaki Tahun Ajaran 2020/2021

IMG_0102.jpgIMG_0103.jpgIMG_0101.jpgIMG_0108.jpg

Awal tahun ajaran baru 2020/2021 telah tiba. Pandemi Covid-19 yang belum berlalu membuat kami, siswa-siswi SD Kristen Petra 12 Sidoarjo masih harus stay at home. Melakukan metode pembelajaran daring harus tetap kami jalani. Bertemu dengan teman-teman dan bapak/ibu guru via zoom.

Meskipun demikian, kami tetap bersyukur dan bersukacita mengawali belajar kami ini. Bangun pagi, mengenakan seragam putih merah, dan bersiap-siap di layar laptop atau hp untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh via zoom.

Kami mengawali kebersamaan di awal tahun ajaran ini pada hari Senin, 13 Juli 2020 dengan kegiatan renungan awal minggu (Renami) perdana lewat tayangan youtube. Tema yang mendasari ibadah kami adalah “Tangan Tuhan yang Pegang” (Yesaya 41:13). Firman Tuhan mengajak kami semua untuk memiliki semangat dan pengharapan di dalam Tuhan bahwa kami pasti bisa menjalani proses belajar meski lewat daring di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Selama 3 hari pertama, kami mengikuti Layanan Orientasi Sekolah (LOS). Kami diajak kembali untuk memiliki pembiasaan baik dalam 5S, 5 Kata Ampuh, dan SADAR.  Selain itu, kami saling menyapa dan memperkenalkan diri di kelas kami masing-masing. Ada beberapa teman baru yang bergabung dengan kami di SD Kristen Petra 12. Wow…..betapa senangnya punya banyak teman. Kami pun makin siap dan mantap untuk mengikuti setiap pembelajaran lewat zoom karena bapak/ibu guru selalu bersemangat dan siap membimbing kami semua.

Itulah sepenggal cerita kami di awal tahun ajaran 2020/2021, bagaimana dengan sekolah kalian? Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berlalu ya teman-teman…! Supaya kita bisa segera belajar bersama di sekolah seperti biasanya. Salam sehat dan tetap semangat. Tuhan Yesus memberkati.

Gerakan Sejuta Pohon: Ini Pohonku…Mana Pohonmu?

IMG_7591.jpgIMG_7756.jpgIMG_7617.jpgIMG_7715.jpgIMG_7765.jpgIMG_7629.jpg

Teman-teman, pernahkah kalian mendengar Gerakan Menanam Sejuta Pohon? Ya…, Benar….! Sesuai namanya, kegiatan ini berhubungan dengan tanam-menanam pohon. Nah, teman-teman, tanggal 10 Januari adalah hari Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup Sedunia. Setiap tanggal ini semua orang di seluruh dunia  diingatkan untuk menyadari betapa pentingnya melestarikan pohon. Pohon merupakan makhluk hidup yang memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia.

Pada hari Jumat, 10 Januari 2020 kami siswa-siswi SD Kristen Petra 12 Sidoarjo melakukan aksi mengumpulkan sejuta pohon. Setiap siswa dihimbau untuk membawa satu tanaman yang akan ditanam di sekolah. Jenis tanaman yang dibawa bebas, boleh tanaman bunga, buah, maupun toga. Ternyata antuasisme para siswa sangat luar biasa. Sekitar 500 tanaman telah terkumpul dan siap ditanam di area SD Kristen Petra 12.

Pagi itu, seluruh siswa siswi mulai kelas 1- 6 berkumpul di aula untuk menyaksikan sebuah tayangan dan penjelasan singkat tentang Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup yang disampaikan oleh Bapak Johanes. Sebelum mendengarkan penjelasan, para siswa menyaksikan sebuah peristiwa yang saat ini sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, ya.. peristiwa banjir dan tanah longsor. Bencana ini telah merenggut banyak sekali korban, baik nyawa manusia maupun harta benda tidak terhitung kerugiannya. Semua itu adalah akibat ulah manusia yang telah merusak kelestarian hutan.

boost the values reap the success