Fun Bike    

Fun Bike

Fun Bike merupakan kegiatan olah raga menyenangkan yang dapat melatih kebugaran tubuh dan menyegarkan pikiran 

Pentas Seni    

Pentas Seni

Pentas Seni merupakan wujud apresiasi siswa terhadap kekayaan Budaya Bangsa dan wadah untuk mengembangkan potensi diri. Berbagai macam tarian tradisional yang sudah ditampilkan, seperti tari Egol Kenes, Incling Jangket, Manuk Dadali, dan tari Kipas. Semua ditampilkan begitu indah dan atraktif. 

Field Trip    

Field Trip

Belajar langsung, membuat kami semakin bisa memahami pelajaran dengan cara yang menyenangkan

Prestasi    

Prestasi

"Kembangkan potensi, Raihlah prestasi" itulah Motto sekolah kami

Fun Learning    

Fun Learning

Fun Learning menjadi metode pembelajaran di sekolah kami. Seluruh siswa dapat belajar sambil bermain, learning by doing

Excellent Life Skill    

Excellent Life Skill

Excellent Life Skill adalah kegiatan yang dikembangkan oleh sekolah untuk mengembangkan keterampilan hidup sebagai bekal para siswa untuk menyongsong masa depan

Gedung SD Kristen Petra 12    

Gedung SD Kristen Petra 12

Proses belajar mengajar dilaksanakan ditempat ini

Gedung SD Kristen Petra 12    

Gedung SD Kristen Petra 12

Tempat pelaksanaan proses belajar mengajar.

Mengenal Bagian Bunga    

Mengenal Bagian Bunga

Hibiscus atau bunga sepatu, merupakan salah satu contoh bunga yang disebut bunga sempurna, karena mempunyai bagian bunga yang lengkap.

Kegiatan Seni    

Kegiatan Seni

Menambah kemampuan dalam bidang seni sekaligus mencintai budaya nasional, adalah satu hal yang luar biasa.

Terbaik yang kami berikan    

Terbaik yang kami berikan

Dengan fasilitas yang lengkap dan guru yang teruji, kami siap memberikan yang terbaik bagi mereka.

Mari bergabung bersama kami    

Mari bergabung bersama kami

Keceriaan dan sukacita, terpancar dari siswa-siswi SD Kristen Petra 12.

Kebersamaan    

Kebersamaan

Dengan penuh semangat dan rasa kebersamaan memperingati HUT Republik Indonesia sebagai bagian kegiatan sekolah.

Kegiatan Ekstrakurikuler    

Kegiatan Ekstrakurikuler

Berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler diadakan di sekolah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

The Holy Ground

ibadah_01.jpgibadah_02.jpg

Kami mengucap syukur kepada Tuhan dan juga PPPK Petra yang sudah memberikan kesempatan bagi kami, siswa-siswi SD Kristen Petra 12, untuk menikmati tahun ajaran baru 2014/2015 di gedung sekolah yang baru juga. Ungkapan syukur ini kami nyatakan dalam Ibadah awal tahun ajaran 2014/2015 yang diadakan pada hari Senin, 21 Juli 2014, dengan mengangkat tema “The Holy Ground”. Teman-teman masih ingatkan kisah bertemunya Musa dengan Allah di Gunung Sinai? Ya, Allah meminta Musa untuk menanggalkan kasutnya karena tempat dimana Allah hadir adalah kudus. Kami pun mengumpamakan bahwa gedung sekolah kami adalah “The Holy Ground” yang patut dijaga kekudusannya. Kenapa kami menyebutnya “The Holy Ground” ? karena sekolah merupakan tempat pembentukan karakter, tempat menimba ilmu dan tentunya Tuhan juga ada di sekolah kami yang baru.

Read more: SD Kristen Petra 12 - The Holy Ground

Senangnya Menjadi Siswa Kelas 1

masuk_baru_01.jpgmasuk_baru_02.jpgmasuk_baru_03.jpg

Dengan kehadiran gedung baru dan spirit belajar yang tinggi, kami disambut hangat oleh guru kami di depan kelas, “Selamat datang di kelas 1”. Teman-teman, inilah cerita bahagiaku waktu masuk sekolah di kelas 1 SD Kristen Petra 12.     
    
Teman-teman, selama masa orientasi, kami memang punya banyak kegiatan. Selain perkenalan, kami juga berjalan-jalan mengelilingi sekolah kami. Ternyata, ada banyak ruangan tempat kegiatan belajar kami nanti. Kami pun semakin bersemangat untuk belajar bersama banyak teman.

Kegiatan lainnya adalah bermain melalui gerak dan lagu, lomba per kelompok, dan menempelkan sedotan pada kartu motivasi yang akan kami bawa pulang ke rumah. Tak lupa, foto dulu dengan hasil karya kami. Jepret, smile.....

Ayo teman-teman, belajar asyik dan sekolah yang nyaman membuat kita makin bersemangat untuk datang ke sekolah. Sampai bertemu di sekolah kami ya.

I Love Indonesia 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan budaya yang sangat unik dan indah. Sebagai warga negara yang menghargai budaya bangsa, tentunya kita harus mempunyai kesadaran akan keanekaragaman budaya dan menjaga serta melestarikannya. Maka dari itu, untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa, kami, siswa-siswi SD Kristen Petra 12 menyelenggarakan acara Pentas Seni pada hari Jumat, 20 Juni 2014 dengan tema “I Love Indonesia”. Di dalam pentas seni ini, kami menyuguhkan berbagai macam permainan alat musik tradisional Indonesia, taria-tarian serta lagu daerah yang dikemas begitu indah dalam rangkaian drama yang diperankan oleh siswa-siswi kelas VI.

Drama dalam pentas seni ini menceritakan tentang seorang siswi baru SD Kristen Petra 12 asli Indonesia bernama Michelle yang baru saja pindah dari Australia ke Indonesia, karena Ayahnya dipindah tugaskan untuk kembali bekerja di Indonesia. Di dalam drama tersebut, diceritakan bahwa siswa-siswi SD Kristen Petra 12 sedang sibuk latihan mempersiapkan pentas seni yang akan segera mereka tampilkan. Walaupun Michelle asli Indonesia, namun dia belum mengenal kebudayaan Indonesia karena dia dilahirkan dan dibesarkan di Australia. Hal tersebut membuat Michelle kurang bisa menerima kebudayaan asli Indonesia. Disela-sela latihan persiapan pentas seni tersebut, Michelle mengamat-amati teman-temannya. Ada yang menari tarian tradisional, ada juga yang menyanyikan lagu daerah asli Indonesia. Michelle tidak terlalu tertarik, bahkan cenderung merendahkannya. Namun, berkat ketekunan dari teman-teman Michelle yang tidak pernah lelah memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepadanya, maka akhirnya Michelle pun tersadar bahwa kebudayaan Indonesia begitu indah dan kaya sehingga dia jatuh cinta terhadap kebudayaan Indonesia.

Acara pentas seni dibuka dengan tari asli Sidoarjo, tari Banjarsari, yang dibawakan oleh siswi kelas IV. Selanjutnya, siswa-siswi kelas I-III menampilkan fashion show pakaian adat dari Sabang sampai Merauke. Kemudian, disusul oleh penampilan siswa-siswi kelas I yang membawakan kesenian dolanan dari Jawa Tengah berupa "Cublak-cublak Suweng" dan tarian "Gundul-gundul Pacul" serta "Padang Bulan". Siswa-siswi kelas II juga tidak mau kalah lho... Mereka menampilkan tari Blackditdot yang sangat lucu, tari kolosal Sajojo, dan gerak lagu Yamko Rambe Yamko. Penonton juga dimanjakan dengan penampilan kesenian khas Sulawesi, yaitu tari Poco-poco, tari Maengket serta gerak lagu “Ayo Mama” dari siswa-siswi kelas III.

Tidak kalah serunya, siswa-siswi kelas IV menampilkan kebudayaan Sumatera berupa tari piring dan tari Tor-tor. Selain itu, mereka juga menampilkan tari khas dari Jawa Timur, yaitu tari Jaranan. Selanjutnya, ada juga siswa-siswi kelas V yang menampilkan tari Degung, yaitu tari tradisional suku Dayak, Kalimantan. Sebagai penutup pentas seni, kami juga menampilkan persembahan angklung, ansambel musik, tari balet, hip-hop juga standent.

Acara berlangsung dengan meriah. Seluruh siswa-siswi, mulai dari kelas I-V terlihat begitu antusias dan menikmati setiap kesenian yang mereka tampilkan. Seluruh penonton pun juga terlihat menikmati setiap tampilan yang kami persembahkan. Kami mengucap syukur kepada Tuhan karena Tuhan sudah memberikan anugerah-Nya sehingga acara dapat berlangsung dengan baik dan juga untuk setiap talenta yang Tuhan berikan sehingga kami mampu menampilkannya dengan baik. Inilah wujud apresiasi kami terhadap seni dan budaya Indonesia. Kami berharap bisa menjadi duta kebudayaan Indonesia di manapun kami berada dan mengharumkan nama bangsa. We love Indonesia...

love_indonesia1.jpglove_indonesia2.jpglove_indonesia3.jpglove_indonesia4.jpglove_indonesia5.jpglove_indonesia6.jpg

Berbagi Kasih di Panti Wreda Anugerah

Pengalaman para siswa SD Kristen Petra 12 berbagi suka cita Paskah bersama dengan penghuni Panti Wreda Anugerah Surabaya, menjadi pengalaman yang mengharukan dan menginspirasi para siswa, untuk selalu mencintai Tuhan dan sesamanya dalam perkataan dan tindakan nyata.

Melalui kegiatan ini, siswa belajar berbagi suka cita dan berkat kepada sesamanya. Juga mereka belajar untuk mempercayai kasih dan penyertaan Tuhan melalui keberadaan penghuni panti yang tetap bersukacita dan bersemangat. Semangat yang luar biasa itu mempengaruhi semangat para siswa juga untuk semakin mencintai sesamanya.

panti_wreda.jpg

Field Trip ke Monkasel

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki wilayah laut yang luas. Begitu banyak kapal-kapal hebat yang pernah dibuat sepanjang sejarah berdirinya Indonesia. Untuk itu, pada tanggal 12 Maret 2014, kami siswa-siswi kelas V SD Kristen Petra 12 Sidoarjo mengadakan kunjungan wisata ke Monumen Kapal Selam (Monkasel) yang terletak di atas sungai utama Surabaya, Kalimas, di samping Plaza Surabaya. Monumen kapal selam ini diresmikan pada tanggal 27 Juni 1998 sebagai sarana pendidikan yang menyenangkan bagi siswa-siswi.

Di area monumen kapal selam ini, kami bisa menyaksikan sebuah kapal selam yang berukuran cukup besar. Nama kapal selam tersebut adalah KRI Pasopati dengan nomor lambung 410. Panjang kapal selam ini adalah 76 meter dengan lebar 6,3 meter. Kapal selam KRI Pasopati merupakan kapal selam berjenis SS tipe Wishkey Class. Kapal ini dibuat pada tanggal 15 Desember 1952. KRI Pasopati pertama kali bertugas dalam operasi Alugro ke Irian Jaya pada tanggal 28 Juli 1962 guna membantu mengembalikan wilayah Irian Barat ke Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam peristiwa Trikora.

Kami sangat antusias ketika pemandu wisata mengajak kami masuk ke dalam kapal selam tersebut. Semua bagian kapal masih asli dan menarik untuk dicermati. Kapal KRI Pasopati ini dibagi menjadi tujuh bagian ruangan, yaitu ruang torpedo haluan, ruang tinggal perwira, ruang periskop, ruang ABK, ruang diesel pendorong, ruang listrik, dan ruang torpedo buritan. Di ruang torpedo haluan terdapat empat peluncur torpedo dan beberapa tempat tidur bertingkat. Ruang tinggal perwira merupakan ruang peristirahatan khusus perwira sekaligus ruang makan serta tempat bekerja prawira.

Ruang yang lain yaitu, ruang periskop. Ruang ini merupakan pusat pengoperasian kapal selam dan juga pusat informasi tempur. Selanjutnya kami mengunjungi ruang ABK. Di ruang ABK (Anak Buah Kapal) terdapat tempat beristirahat serta dapur untuk para Binatara atau Tamtama. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan kami ke ruang diesel pendorong. Di ruang ini, kami bisa melihat motor diesel yang digunakan sebagai pendorong utama saat berada dipermukaan. Tidak kalah seru dengan ruang yang lain, di ruang listrik ini kami bisa melihat motor listrik yang berfungsi ganda. Jika kapal selam sedang menyelam, maka kapal menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan oleh baterai. Ketika dipermukaan, maka tenaga diesel akan menggerakkan motor listrin ini untuk mengisi baterai. Ruang terakhir yang kami kunjungi adalah ruang torpedo. Di ruangan ini terdapat dua buah peluncur torpedo buritan yang berfungsi untuk menyerang atau menghindar.

Waaahhh... senang sekali bisa mengunjungi kapal selam bersejarah, KRI Pasopati. Setelah puas berkeliling kapal dan bertanya banyak hal kepada pemandu wisata, maka kami pun beristirahat sejenak dan berfoto bersama. Lewat kunjungan wisata ini, wawasan kami semakin bertambah, selain itu kami pun merasa sangat terhibur.

mokasel5.jpgmonkasel1.jpgmonkasel2.jpgmonkasel3.jpgmonkasel5.jpg

boost the values reap the success