| |

Hore…! Aku Bisa Memotong Buah Sendiri …!

IMG_8126.jpgIMG-2044.jpgIMG_8199.jpgIMG_8091.jpgIMG_3449.jpg

Basic Life Skills adalah keterampilam dasar yang seharusnya dimiliki oleh anak-anak. Di mana pada saatnya nanti kemampuan dasar ini bisa digunakan dalam kehidupan nyata setiap hari. Kadang kita menganggap keterampilan dasar ini adalah hal yang sepele dan mudah dilakukan. Namun pada kenyataannya banyak dari anak-anak kita yang masih kesulitan untuk melakukannya.

Untuk mengasah keterampilan dasar inilah SD Kristen Petra 12 Sidoarjo secara berkala melaksanakan program BLS (Basic Life Skills) kepada siswa-siswi mulai kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak pada hari Kamis, 30 Januari 2020. Setiap jenjang kelas mempunyai kegiatan yang berbeda sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Kelas 1 keterampilan mengenakan kaos kaki

Kelas II memetik sayur bayam dan kecambah

Kelas III memotong buah

Kelas IV membuat telur mata sapi

Kelas V menggoreng tempe

Kelas VI menanak nasi dan membuat sambal

Bagi kami para siswa kegiatan BLS ini sangat menarik dan asyik untuk dilakukan. Kami bisa belajar banyak hal. Kadang ada di antara kami yang merasa kesulitan dengan kegiatan tersebut, namun kami banyak dibantu bapak dan ibu guru sehingga akhirnya bisa melakukan dengan baik.

Basic Life Skills

IMG_5372.jpgIMG_5217.jpgIMG_3530.jpgIMG_5177.jpgIMG_3447.jpg

Menanamkan kebiasaan baik sangat penting dimulai sejak dini. Mengajarkan peserta didik untuk memiliki keterampilan menyelesaikan pekerjaan sederhana di rumah memiliki kecerdasan emosi, dan belajar berempati adalah contoh keterampilan dasar yang perlu dikuasai anak pada saat ini. Tidak lain karena tuntutan kebutuhan dan tantangan sehari-hari yang akan membantu anak untuk sukses di mana pun mereka berada.

SD Kristen Petra 12 telah melaksanakan pembelajaran keterampilan hidup setiap hari Jumat bergantian dengan kegiatan kepramukaan. Mulai dari siswa kelas I sampai kelas VI. Siswa kelas I diajak untuk belajar menyikat gigi, menyisir rambut, dan melepas-memakai kemeja. Siswa kelas II belajar merapikan isi tas sekolah. Siswa kelas III diajarkan cara mencuci kaos kaki, cara memotong kuku, dan membaca rambu-rambu lalu lintas. Siswa kelas IV belajar mengenal bumbu dasar (bawang merah, bawang putih, gula, garam, merica, ketumbar, cabe, dll.) dan rempah-rempah (kayu manis, pala, cengkih, jinten, laos, serai, dll.). Siswa  kelas V belajar mengupas buah apel dan membuat tempe. Kelas VI belajar menanak nasi dan membuat sambal.

Program Basic Life Skill ini berjalan dengan baik dan siswa terlihat sangat antusias dan gembira mengikuti pembelajaran ini. Sebagian besar siswa sangat membutuhkan keterampilan dasar ini. Mereka benar-benar merasa penting menguasai keterampilan dasar seperti cara memotong kuku, menyikat gigi, menyisir rambut, dan memakai baju sendiri. Bagi beberapa siswa kelas besar (kelas IV dan V), ada yang benar-benar tidak mengetahui bumbu-bumbu dasar dan rempah-rempah. Sehingga ini merupakan pengalaman mereka mengenal bumbu dasar dan rempah-rempah.

Begitu juga dengan siswa-siswi kelas VI, merasa sangat exited dengan pengalaman  pertama mereka menanak nasi dan membuat sambal. Dengan penuh kegembiraan mereka

melakukan tahapan-tahapan menanak nasi, mengupas bumbu-bumbu dan menguleg sambal. Alhasil nasi yang ditanak sudah masak dan sambal pun telah siap. Kami pun menyantap hasil memasak bersama-sama dengan penuh sukacita.

Mengingat betapa pentingnya pembelajaran Basic Life Skill ini, kami terus menantikan kegiatan-kegiatan yang mengasyikkan. Nah, teman-teman ….! Bagaimana di sekolah kalian? Apakah ada juga kegiatan BLS…? Selamat beraktifitas dan belajar keterampilan dasar ya….! Tuhan memberkati kita semua…!

 

Excited Moment at Kebun Binatang Surabaya

kbs 01

Hai, teman-teman….! Pernahkah kalian pergi ke kebun binatang? Wah…ternyata berwisata ke Kebun Binatang Surabaya sangat menyenangkan loh…! Di sana kita bisa melihat berbagai macam satwa yang sangat menarik. Nah…inilah cerita seru waktu kami siswa-siswi kelas III SD Kristen Petra 12 saat field trip ke Kebun Binatang Surabaya.

kbs 02

Pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 07.30 kami berkumpul di halaman SD Kristen Petra 12. Semua anak telah siap dengan seragam olahraga dan topi merah. Setelah mendapat pengarahan dari ibu guru dan berdoa bersama,  pukul 08.00 kami pun berangkat ke KBS dengan bus Kalisari.

kbs 03

Hati kami sangat gembira dan sukacita karena membayangkan akan melihat secara langsung berbagai satwa di KBS nanti. Selama ini kami belajar tentang alam dan satwa hanya dari buku science dan video yang ditayangkan saat pelajaran di sekolah. Sepanjang perjalanan, kami bersenandung kecil sambil menikmati perjalanan yang  memakan waktu kurang lebih 1 jam.

SD Kristen Petra 12 - Program Literasi di Sekolahku

IMG 20190408 121339

Masih ingatkah teman-teman dengan kalimat buku adalah jendela dunia? Ya, benar…! Dengan membaca buku, akan menambah pengetahuan kita tentang segala sesuatu yang menakjubkan tentang dunia luar. Teman-teman tahu tidak, ternyata membaca juga bisa melatih dan merangsang saraf otak, sehingga bisa membantu meningkatkan daya fokus/konsentrasi kita dalam berpikir. Bahkan, membaca bisa meningkatkan kemampuan kita dalam menganalisis suatu masalah sehingga bisa menambah rasa percaya diri kita.

Indonesian Islands

IMG 20190408 1116501

Dari Sabang sampai Merauke… berjajar pulau-pulau… sambung menyambung menjadi satu… itulah Indonesia…. Teman-teman, masih ingat dengan lagu nasional Dari Sabang Sampai Merauke? Ya benar, lagu ini menggambarkan keadaan negara Indonesia yang terdiri atas beribu-ribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Wow…!!! Banyak sekali ya, teman-teman! Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai negara kepulauan.

IMG 20190408 111213

Nah, kali ini siswa-siswi kelas V SD Kristen Petra 12 akan mengikuti kegiatan yang menyenangkan dalam pembelajaran IPS dan PPKN. Tepatnya pada hari Senin, tanggal 1 April 2019, kami belajar tentang beragam kebudayaan dan letak suku-suku bangsa Indonesia pada peta. Tugas kami adalah membuat sebuah maket tentang pulau-pulau di Indonesia dan suku-suku bangsa yang tinggal di pulau tersebut. Bahan-bahan yang disediakan adalah peta Indonesia, gambar suku-suku bangsa Indonesia, kertas buffalo, lem, dan spons. Wah, kami sungguh merasa tertantang untuk dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Dalam waktu dua jam pelajaran, kami harus menggali kreativitas dan kemampuan kami. Kami tidak boleh ceroboh dan harus memastikan dengan benar bahwa letak suku Batak ada di Sumatera Utara, suku Betawi ada di DKI Jakarta, dan seterusnya. Selain itu, kerapian kerja juga dinilai.

boost the values reap the success