| |

Asyiknya Bermain Semaphore

IMG 3877 IMG 3877

Meski pembelajaran lewat daring masih harus kami jalani karena pendemi Covid19 belum berlalu, kami di SD Kristen Petra 12 tetap bisa melaksanakan pembelajaran Pramuka, lho teman-teman. Dipandu oleh Pak Toto Subiyakto, kali ini kami belajar tentang “Sandi Semaphore”, yaitu salah satu cara komunikasi yang unik di Pramuka.

IMG 3878

Kita dapat menggunakan sandi Semaphore dengan bendera berukuran 40 x 40 cm dan tongkat yang panjangnya 50 cm. Benderanya berwarna merah dan kuning, yang merupakan gabungan dua buah segitiga sama kaki. Pernahkah kalian melihat kegiatan ini?

Teman-teman, ada cara yang mudah untuk menghafal kode isyarat sandi Semaphore, yaitu menggunakan metode delapan penjuru mata angin. Oleh sebab itu, metode ini juga disebut metode jarum jam.Ada enam bagian inti dari sandi ini, yaitu bagian 1 berisi huruf A, B, C, D, E, F, dan G. Bagaian 2, huruf H, I, dan J. Bagian 3 untuk huruf K, L, M, dan N. Sedangkan bagian 4 untuk huruf O, P, Q, R, dan S. Bagian 5, huruf T, U, V. Bagian terakhir, huruf W, X, Y, dan Z.

Nah, kami semua sudah menyiapkan bendera dan tongkat untuk belajar  sandi Semaphore lewat daring. Pak Toto meminta kami untuk memperhatikan gerakannya dan meniru atau langsung mempraktikkannya. Setiap sandi huruf yang kami peragakan sangat menyenangkan, lho teman-teman.

Kini tiba saatnya menebak huruf dan kata yang diperagakan Pak Toto. Hore….! banyak di antara kami yang berhasil. Bagi teman-temanku yang masih bingung dan belum berhasil menebak sandi Semaphore, jangan sedih ya. Yuk, terus semangat mengikuti pembelajaran Pramuka meski lewat daring. Seru, menarik, dan menambah pengetahuan kita, kan?

Sampai jumpa, Salam Pramuka dari kami SD Kristen Petra 12.

boost the values reap the success