| |

Basic Life Skills

IMG_5372.jpgIMG_5217.jpgIMG_3530.jpgIMG_5177.jpgIMG_3447.jpg

Menanamkan kebiasaan baik sangat penting dimulai sejak dini. Mengajarkan peserta didik untuk memiliki keterampilan menyelesaikan pekerjaan sederhana di rumah memiliki kecerdasan emosi, dan belajar berempati adalah contoh keterampilan dasar yang perlu dikuasai anak pada saat ini. Tidak lain karena tuntutan kebutuhan dan tantangan sehari-hari yang akan membantu anak untuk sukses di mana pun mereka berada.

SD Kristen Petra 12 telah melaksanakan pembelajaran keterampilan hidup setiap hari Jumat bergantian dengan kegiatan kepramukaan. Mulai dari siswa kelas I sampai kelas VI. Siswa kelas I diajak untuk belajar menyikat gigi, menyisir rambut, dan melepas-memakai kemeja. Siswa kelas II belajar merapikan isi tas sekolah. Siswa kelas III diajarkan cara mencuci kaos kaki, cara memotong kuku, dan membaca rambu-rambu lalu lintas. Siswa kelas IV belajar mengenal bumbu dasar (bawang merah, bawang putih, gula, garam, merica, ketumbar, cabe, dll.) dan rempah-rempah (kayu manis, pala, cengkih, jinten, laos, serai, dll.). Siswa  kelas V belajar mengupas buah apel dan membuat tempe. Kelas VI belajar menanak nasi dan membuat sambal.

Program Basic Life Skill ini berjalan dengan baik dan siswa terlihat sangat antusias dan gembira mengikuti pembelajaran ini. Sebagian besar siswa sangat membutuhkan keterampilan dasar ini. Mereka benar-benar merasa penting menguasai keterampilan dasar seperti cara memotong kuku, menyikat gigi, menyisir rambut, dan memakai baju sendiri. Bagi beberapa siswa kelas besar (kelas IV dan V), ada yang benar-benar tidak mengetahui bumbu-bumbu dasar dan rempah-rempah. Sehingga ini merupakan pengalaman mereka mengenal bumbu dasar dan rempah-rempah.

Begitu juga dengan siswa-siswi kelas VI, merasa sangat exited dengan pengalaman  pertama mereka menanak nasi dan membuat sambal. Dengan penuh kegembiraan mereka

melakukan tahapan-tahapan menanak nasi, mengupas bumbu-bumbu dan menguleg sambal. Alhasil nasi yang ditanak sudah masak dan sambal pun telah siap. Kami pun menyantap hasil memasak bersama-sama dengan penuh sukacita.

Mengingat betapa pentingnya pembelajaran Basic Life Skill ini, kami terus menantikan kegiatan-kegiatan yang mengasyikkan. Nah, teman-teman ….! Bagaimana di sekolah kalian? Apakah ada juga kegiatan BLS…? Selamat beraktifitas dan belajar keterampilan dasar ya….! Tuhan memberkati kita semua…!

 

boost the values reap the success