| |

SD Kristen Petra 12 - Program Literasi di Sekolahku

IMG 20190408 121339

Masih ingatkah teman-teman dengan kalimat buku adalah jendela dunia? Ya, benar…! Dengan membaca buku, akan menambah pengetahuan kita tentang segala sesuatu yang menakjubkan tentang dunia luar. Teman-teman tahu tidak, ternyata membaca juga bisa melatih dan merangsang saraf otak, sehingga bisa membantu meningkatkan daya fokus/konsentrasi kita dalam berpikir. Bahkan, membaca bisa meningkatkan kemampuan kita dalam menganalisis suatu masalah sehingga bisa menambah rasa percaya diri kita.

Mengingat begitu banyak manfaat membaca… yuk, kita ramai-ramai membudayakan kegiatan membaca! Sama seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi SD Kristen Petra 12. Setiap pagi sebelum bel berbunyi, kami meluangkan waktu untuk membaca buku di tempat khusus yang sudah disediakan oleh sekolah. Tidak hanya saat pagi hari, saat istirahat pun kami bisa memanfaatkan waktu dengan membaca.

IMG 20190408 121245

Mengapa kami senang menghabiskan waktu dengan membaca? Alasan kami sangat sederhana. Pertama, karena tempatnya bersih, rapi, dan sangat menarik. Kedua, kami sadar betul bahwa waktu sangat berharga. Daripada waktu kami buang sia-sia dengan bermain, lebih baik kami gunakan untuk membaca. Lumayan, dalam waktu 15 menit, kami bisa membaca buku-buku yang kami suka dan bisa menambah pengetahuan kami. Apalagi sekarang ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menggiatkan program literasi bagi anak-anak sekolah. Program ini menuntut setiap anak sekolah memiliki kemampuan untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah serta memahami informasi. Dengan program literasi ini, anak-anak sekolah diharapkan bisa semakin berprestasi dan berkembang kemampuan akademisnya.

IMG 20190408 121420

Memang tidak salah jika SD Kristen Petra 12 mengusahakan berbagai cara untuk mendukung program literasi pemerintah tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan pojok-pojok selasar di setiap lantai sekolah yang difungsikan sebagai perpustakaan kecil. Jadi, tempat favorit kami sekarang adalah pojok ilmu. Diberi nama pojok ilmu karena memang letaknya ada di pojok setiap lantai di sekolah kami. Buku-buku pengetahuan tertata rapi di rak buku. Buku-buku yang dipajang sangat kami sukai, karena memuat tentang ilmu pengetahuan modern yang disertai dengan gambar-gambar menarik.

Nah, teman-teman… bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah membaca hari ini? Jangan tunda-tunda waktu lagi! Ayo ikut serta memajukan bangsa kita tercinta Indonesia dengan menjadi anak-anak yang cerdas dan berwawasan luas. Sudah saatnya kita sebagai anak-anak generasi penerus bangsa untuk ikut serta memajukan negara kita dengan terus menambah pengetahuan lewat membaca. Salam membaca…!

boost the values reap the success