| |

 

Science Eksperimen “Balon Mengembang Tanpa Ditiup”

Jika diberikan pilihan, mana yang lebih menyenangkan, belajar dengan duduk mendengarkan saja atau belajar dengan mempraktikkannya secara langsung? Pasti kita semua memilih yang kedua ya, mempraktikkannya secara langsung. Pengalaman belajar secara langsung dan aktif membuat kita semakin mudah mengerti materi yang kita pelajari. Sama seperti yang siswa-siswi SD Kristen Petra 12 kelas 3  lakukan pada hari Jumat, 10  September 2021. Kali ini kami belajar tentang udara dengan melakukan praktik langsung.

SE_3.jpegSE_4.jpegSE_2.jpegSE_1.jpeg

Belajar tentang udara, jika hanya mendengarkan dan membayangkan saya, pasti akan susah memahami bagaimana materi itu dengan benar. Nah, pembelajaran kali ini berbeda, karena kami menggunakan botol, balon,cuka dan soda kue sebagai media belajar!. Nah, kira-kira apa ya yang akan kami lakukan dengan botol dan balon itu?

Sebelumnya kami sudah menyiapkan bahan-bahan eksperimen, kami semangat sekali untuk eksperimen hari ini. Walaupun belajar secara daring, tapi kami tetap bisa belajar dan bereksperimen bersama teman-teman dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Yuk, kita mulai eksperimen!

Pertama-tama, siapkan satu botol kosong air mineral 600 ml, kemudian masukkan cuka dapur  kira-kira 100 ml. Setelah itu  siapkan 1 buah balon, dan  masukkan kurang lebih 3 sendok soda kue ke dalam balon. Kami menggunakan corong untuk membantu agar soda kue tidak tumpah. Setelah itu,  masukkan balon ke mulut botol. Jika kurang rapat, bisa ditali dengan karet gelang. Nah, setelah rapat baru tegakkan balon. Soda kue langsung turun ke botol dan bereaksi dengan cuka. Bunyinya cesssss….dan pelan-pelan balon mengembang tanpa ditiup.

Waahh.. dari eksperimen kali ini kami jadi tahu bahwa jika soda kue dicampur cuka akan menghasilkan gas karbondioksida, dan gas karbondioksida tersebut mendorong gas oksigen yang ada di botol untuk naik dan menggembungkan balon. Yeaay..kami senang sekali mengikuti pembelajaran hari ini, karena kami dapat mempraktikkan secara langsung dan materi yang kami rasa susah menjadi mudah. Tetap semangat belajar ya..

boost the values reap the success