| |

We Are Excellent Kids - Art, Science, And Charity Event

IMG_2284.jpgIMG_2065.jpgIMG_2022.jpgIMG_2202.jpgIMG_1960.jpg
 

Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 SD Kristen Petra 12 mengadakan Art, Science, and Charity Event dengan tema “We Are Excellent Kids”.  Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah sebagai sarana pengenalan SD Kristen Petra 12 kepada khalayak, khususnya para orang tua yang ingin mendapat informasi tentang berbagai kegiatan dan program di SD Kristen Petra 12. 

Menjelang pembukaan tahun ajaran baru 2020/2021 kegiatan seperti ini mutlak diperlukan, mengingat banyak orang tua siswa jenjang TK yang belum mengetahui berbagai kegiatan dan program unggulan dari SD Kristen Petra 12.

Dengan mengangkat tema “We Are Excellent Kids”, SD Kristen Petra 12 memberikan kesempatan kepada siswa-siswi TK untuk menampilkan talenta yang dimilikinya dalam even ini. Berbagai macam lomba diadakan dalam acara ini, yaitu lomba mewarnai, lomba solo vocal, dan, kreasi stempel. Peserta lomba adalah siswa-siswi TK Petra dan TK luar Petra. Ada 34 orang peserta dalam lomba ASCE ini.

Pagi itu seluruh peserta lomba dengan penuh semangat sudah berkumpul di halaman SD Kristen Petra 12 pada pukul 07.30. Kegiatan segera dimulai dengan menyanyikan lagu Di Sini Senang di Sana Senang.  Pemandu acara dibawakan oleh Ibu Devi dan Ibu Yoke dengan riang gembira menyambut kedatangan para peserta lomba yang sudah bersiap di depan panggung.

Teeth for Health

Aku gigi, mulut rumahku….
Agar sehat dan kuat… aku harus disikat, setiap hari.

IMG20190819110001 2

Hai, teman-teman…! Masih ingat lirik lagu di atas kan…! Ya …benar …! Lagu tersebut mengajarkan kita bagaimana cara untuk merawat kesehatan gigi. Nah, untuk bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut kita, tentu kita harus rajin merawat dan menjaga kesehatan gigi kita.   

Untuk menumbuhkan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut, khususnya bagi para siswa, TIM UKGS (Upaya Kesehatan Gigi Sekolah) SD Kristen Petra 12 melakukan penyuluhan gigi sehat yang dilakukan pada tanggal 19-21 Agustus 2019. Upaya ini dilakukan dengan tujuan agar :

  1. Siswa mempunyai pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut.
  2. Siswa mempunyai sikap/kebiasaan memelihara diri terhadap kesehatan gigi dan mulut.

IMG20190820104219

Upaya preventif ini meliputi sikat gigi masal untuk siswa kelas I dengan memakai pasta gigi yang mengandung fluor. Program ini merupakan agenda rutin TIM UKGS untuk mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi dan merawat kesehatan gigi secara benar kepada setiap murid. Hal ini perlu dilakukan secara rutin karena anak-anak usia sekolah dasar paling efektif dan harus sedini mungkin dilakukan agar menjadi kebiasaan.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dibiasakan sejak dini terutama pada masa gigi bercampur sebab anak usia Sekolah Dasar (SD) tergolong ke dalam kelompok rawan penyakit gigi dan mulut. Tingginya angka karies gigi dan rendahnya status kebersihan mulut merupakan permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang sering dijumpai pada kelompok usia anak Sekolah Dasar.

IMG20190819110022

Tim UKGS SD Kristen Petra 12 yang terdiri dari drg. Kristanti Pudjihastuti dan Suster Maria Eri Wahyuni  mengawali penyuluhan pada pukul 08.00 di kelas. Semua siswa tampak sangat antusias mendengarkan dan memerhatikan penyuluhan yang diberikan oleh dokter dan suster. Demonstrasi cara menggosok gigi yang benar dicontohkan oleh drg. Kristanti Pudjihastuti di depan UKGS. Setelah itu para siswa mempraktikkan bagaimana cara menggosok gigi secara benar.

Beberapa siswa mengaku, bahwa selama ini cara menggosok gigi mereka ternyata salah atau tidak sesuai dengan aturan yang disampaikan oleh TIM UKGS. Mereka menyadari bahwa sangatlah penting merawat kesehatan gigi dan mulut, karena berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Nah, teman-teman…sekian dulu ya… cerita tentang pengalaman kami mendapat penyuluhan pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut. Mulai saat ini kita harus lebih mendisiplinkan diri untuk merawat kesehatan gigi dan mulut kita. Selamat belajar teman…teman…! Salam sehat dan kuat dari kami …siswa-siswi SD Kristen Petra 12. Terimakasih dokter dan suster yang sudah memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada kami. Sampai jumpa di penyuluhan berikutnya …!

Meriahnya HUT RI Ke-74 Di Sekolahku

LOMBA HUT RI KE 74 D122

Pada tanggal 15 Agustus 2019, SD Kristen Petra 12 mengadakan perayaan HUT RI yang ke-74. Pada perayaan kali ini, panitia menyiapkan berbagai acara menarik untuk memeriahkan hari lahirnya bangsa Indonesia. Acara ini juga melibatkan orang tua siswa untuk bergabung dan bekerjasama dalam memeriahkan perayaan HUT RI yang ke 74 kali ini.

Pagi itu pukul 07.30 seluruh siswa dan guru berkumpul di aula untuk menyaksikan sosio-drama perjuangan di aula. Sosio drama yang mengangkat cerita tentang peristiwa Rengasdengklok ini diperankan oleh para guru.  Dalam drama ini diceritakan bahwa sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI, para pemuda mendesak Presiden Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan RI. Para siswa terlihat sangat menghayati setiap cerita dalam drama. Pada akhir tampilan drama, seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hari Merdeka.

LOMBA-HUT-RI-KE-74-D12-3.jpgLOMBA-HUT-RI-KE-74-D124.jpgLomba-HUT-RI-KE-74-D12-1.jpgLOMBA-HUT-RI-KE-74-D125.jpgLOMBA-HUT-RI-KE-74-D122.jpg
 

Pada pukul 08.00 kegiatan Flash Mob dimulai. Siswa-siswi dari kelas I –VI menari bersama dengan iringan lagu “Praise The Lord”. Acara dilanjutkan dengan Fun Walk with Parents. Rute yang ditempuh adalah Jalan Untung Suropati- Monginsidi - M.Duryat - Kartini - Jaksa Agung Suprapto - R. Wijaya - sekolah. Kostum yang dikenakan adalah baju perjuangan atau nuansa merah putih. Baik orangtua maupun siswa terlihat sangat bersemangat mengikuti fun walk ini.

Never Ending Friendship

IMG 2607

Pada hari Kamis, 13 Juni 2019 bertempat di aula SD Kristen Petra 12 diadakan acara pelepasan siswa-siswi kelas VI. Acara pelepasan ini mengambil tema Never Ending Friendship. Dengan dihadiri oleh bapak ibu guru kelas I-VI, guru bidang studi dan beberapa orang tua, serta 18 orang perwakilan siswa dari kelas 1 sampai 5. Acara pelepasan berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Tepat pada pukul 10.00 acara pelepasan dimulai dengan doa pembukaan oleh Ibu Devi. Disambung dengan sebuah renungan singkat yang mengulas tentang persahabatan. Setelah renungan ada pidato pembukaan dari Ibu Aryani, S.Th., M.Pd. selaku Kepala SD Kristen Petra 12.

Bersyukurlah kepada Tuhan, Sebab Ia Baik

IMG 20190617 083201 253

Pada hari Senin, 17 Juni 2019 siswa-siswi SD Kristen Petra 12 mengikuti ibadah tutup tahun ajaran di aula dengan tema “Bersyukurlah kepada Tuhan, Sebab Ia Baik”. Ibadah dimulai pada pukul 07.30 dipimpin oleh Ibu pendeta Susana Kurniawati, S.Si. Sebelum mendengarkan Firman Tuhan siswa-siswi diajak berdoa dan memuji “Kunyanyikan Kasih Setia Tuhan” dan Tuhan Yesus Baik”.

boost the values reap the success