| |

I am so Amazing

IMG_20190215_124632.jpgIMG_20190215_131302.jpg1550627589378.jpgIMG_20190215_122038.jpgIMG_20190215_120253.jpg

“ Wow .......ini sudah jadi, sungguh luar biasa “ , karyaku Jocelyn, ternyata aku bisa..................

Pada tanggal 15 Februari 2019, SD Kristen Petra 12 melaksanakan kegiatan proyek PKK

dengan tema “ I Am So Amazing “. Tema ini dipilih untuk merefleksikan kasih Tuhan dan mengucap syukur atas semua anugerah yang sudah Tuhan berikan.

Tujuan dari kegiatan proyek PKK ini adalah untuk mengajak anak-anak menyadari bahwa kita ini adalah ciptaan Tuhan yang sangat berharga dengan segala kekurangan dan kelebihan diri masing-masing.

MEMAAFKAN DIRI SENDIRI & ORANG LAIN

Teman-teman, seringkali kita mendengar dan mengucapkan kata “maaf”, baik di sekolah di rumah maupun di tempat umum. Kata “maaf” diucapkan bila kita melakukan suatu kesalahan. Ya, benar teman-teman, sudah selayaknya kalau kita berbuat salah, harus meminta maaf. Namun kadang sulit bagi kita untuk memamaafkan kesalahan orang lain.
Nah...! Pada kegiatan pembelajaran PKK di SD Kristen Petra 12 kali ini, Rabu, 3 November 2016, ternyata asyik lho...! Melalui kegiatan PKK kali ini kami diajak untuk merefleksikan kesalahan apa yang pernah dilakukan, baik itu kesalahan terhadap diri sendiri maupun kesalahan yang pernah kami lakukan kepada orang lain.
Kami menuliskan kesalahan yang pernah kami lakukan pada selembar kertas origami. Selanjutnya kertas origami kami lipat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah kupu-kupu yang cantik. Kupu-kupu dijadikan sebagai lambang atau simbol bahwa kesalahan yang kita perbuat akan dibawa terbang oleh kupu-kupu. Seiring dengan terbangnya kupu-kupu, kita lupakan dan tidak mengingat lagi kesalahan kita.
Melupakan kesalahan bukan berarti nantinya kita akan mengulangi kesalahan itu, melainkan dari kesalahan tersebut kita harus belajar memperbaiki sikap atau perilaku kita lebih baik lagi. Wah, ternyata benar ya...! Dengan kegiatan PKK hari ini, kami jadi bisa belajar untuk bisa memaafkan kesalahan diri kita sendiri maupun kesalahan kita kepada orang lain. Dengan begitu kita bisa fokus ke depan dan melakukan segala sesuai dengan lebih baik lagi. Tetap semangat ya, teman-teman...!
Terima kasih.

memaafkan_3.jpgmemaafkan_2.jpgmemaafkan_1.jpgmemaafkan_4.jpg

KUNJUNGAN KASIH PASKAH KE YAYASAN BHAKTI LUHUR SIDOARJO

Dengan antusias, saya bersama kesembilan teman yang lain mempersiapkan diri untuk mengunjungi saudara-saudara binaan Bhakti Luhur yang ada di daerah Tropodo Sidoarjo, pada hari Selasa, 19 April 2016. Kami pun sudah menyiapkan beberapa sembako berupa beras, gula, minyak goreng, sabun cuci, juga perlengkapan mandi. Tak lupa snack berupa roti yang akan kami bagikan kepada semua warga binaan yang akan kami temui di sana. 

Puji Tuhan perjalanan kami pun lancar. Setibanya di Bhakti Luhur, bersama dengan warga binaan lansia, kami mengadakan ibadah syukur. Tak lupa kami mendengarkan cerita dan nasehat dari para eyang/mbah putri untuk kami semua.
Nah, air mataku mulai menetes cukup deras tatkala kami dibimbing untuk menemui saudara-saudara yang lain di beberapa ruangan berbeda. Saat itu aku sungguh tak bisa menahan rasa haru dan sedih karena melihat beberapa balita seusia adikku terbaring di tempat tidur karena sedang mendapatkan perawatan khusus dari therapist, ibu pembina dan para suster.
Saya sangat bersyukur ketika melihat mereka ditemani oleh banyak orang yang mengasihi mereka dengan tulus ikhlas. Dan kami lebih bersyukur karena memiliki keluarga yang baik dan mengasihi kami, terlebih itu kami dianugerahi tubuh yang sempurna dan sehat. Terima kasih Tuhan Yesus, dengan pengalaman ini semua kami ingin menjadikan hidup ini lebih berarti dan selalu bersyukur. Semoga kunjungan dan doa-doa kami kepada mereka juga dapat menghibur dan menguatkan. Terima kasih Tuhan, buat pengalaman indah hari ini.

bhakti_luhur_4.jpgbhakti_luhur_5.jpgbhakti_luhur_3.jpgbhakti_luhur_1.jpgbhakti_luhur_2.jpg

KELEMBUTAN

Sebelumnya, saya mengira menjadi lemah lembut itu akan memalukan karena saya seorang laki-laki. Tapi, setelah saya mengikuti kegiatan PKK tanggal 5 Maret 2016, sekarang saya tahu bahwa semua orang memiliki kelembutan di dalam dirinya. Lemah lembut itu milik semua orang, baik laki-laki dan perempuan. Namun sayang, kelembutan itu jarang muncul dalam perkataan dan perbuatan kita, apalagi jika kita berada dalam situasi yang tidak menyenangkan. Bukan kata-kata dan perbuatan yang lemah lembut yang tercipta, namun sebaliknya.
Melalui kegiatan pleno dan kegiatan kelas, kami banyak belajar untuk mewujudkan kelembutan dalam perkataan dan perbuatan di mana dan kapanpun juga, serta kepada siapa saja. Kelembutan akan membawa kebahagiaan, sedangkan kekerasan akan membawa pertengkaran dan kesedihan.
Semua orang ingin mendapatkan perlakukan dan kata-kata yang membangun dan lemah lembut. Kamu juga, kan? Oleh sebab itu, yuk.....sebarkan kelembutan yang kita miliki kepada semua orang.

kelembutan_2.jpgkelembutan_1.jpg

MENJADI PEMBAWA DAMAI

Suasana damai sejahtera pasti menjadi impian semua orang. Semua orang pasti menginginkan berada di dalam suasana yang rukun, saling mengasihi, menghormati, dan peduli. Namun, terkadang justru suasana yang sebaliknyalah yang kita alami. Kita bertengkar dengan teman di sekolah atau dengan kakak, adik di rumah, hanya karena hal-hal sepele. Kita lebih mudah mengucapkan kata-kata kasar dan meremehkan daripada kata-kata yang bersifat membangun. Ehm....ternyata impian untuk berada dalam suasana damai perlu dibangun, lho teman-teman. Oleh sebab itu, kegiatan kreativitas kali ini membuat kami tidak hanya tersadar tapi juga termotivasi untuk menjadi pembawa damai di mana pun kami berada.
Melalui kertas berpola hati atau telur, kami mulai menentukan satu sampai dua orang teman yang akan menerima pesan atau ajakan untuk menjadi pembawa damai dari kami. Tidak lupa kami menuliskan komitmen kami untuk menjadi pembawa damai pada kertas berpola salib. Dengan semangat, kami pun menghias kertas-kertas tersebut agar menjadi lebih indah. Yuk, menjadi pembawa damai kini dan seterusnya.....be a peace maker.

pembawa_damai_5.jpgpembawa_damai_2.jpgpembawa_damai_3.jpgpembawa_damai_1.jpgpembawa_damai_4.jpg

boost the values reap the success