| |

Field Trip "Tugu Pahlawan"

Dalam rangka menumbuhkan semangat generasi muda, membangun kepribadian bangsa dan menghargai perjuangan serta jasa pahlawan, maka pada hari Kamis tanggal 26 September 2013, kami siswa-siswi kelas VI SD Kristen Petra 12 mengadakan kunjungan ke Tugu Pahlawan, Surabaya. Kami berangkat dari sekolah pukul 08.00 dan tiba di sana pukul 09.00. Sesampainya di sana, kami disambut oleh seorang pemandu. Pemandu tersebut menjelaskan tentang sejarah berdirinya tugu pahlawan dan tempat-tempat bersejarah di sekitar tugu pahlawan yang dulunya dijadikan sebagai medan pertempuran peristiwa 10 November 1945. Beliau menjelaskan bahwa perjuangan kota Surabaya ini tidak terlepas dari seorang tokoh yang sangat memilki peranan sangat penting serta memilki semangat patriotisme tinggi, yaitu Bung Tomo. Dalam mengusir penjajah di Surabaya, tentunya Bung Tomo tidak sendiri. Beliau dibantu juga oleh arek-arek Suroboyo. Mereka menggunakan senjata sederhana untuk mempertahankan kota Surabaya. Mereka memiliki moto juang yang luar biasa, “Merdeka atau mati”. Moto inilah yang mendorong Bung Tomo serta arek-arek Suroboyo bersemangat dalam membela Surabaya.

Setelah itu, kami masuk ke dalam museum. Di dalam museum ini, kami melihat berbagai benda peninggalan bersejarah peristiwa 10 November, antara lain bambu runcing, senapan, rekaman radio Bung Tomo saat mengajak arek-arek Suroboyo untuk bertempur serta diorama. Diorama adalah maket 3 dimensi dan dilengkapi dengan suara yang menjelaskan peristiwa pada maket tersebut. Selanjutnya, kami bersama-sama menyaksikan pemutaran video yang bercerita tentang peristiwa 10 November. Di Tugu Pahlawan juga kami bisa melihat mobil milik Bung Tomo. Kemudian, kami beristirahat sejenak untuk makan siang dan berfoto bersama lalu kembali pulang menuju Sidoarjo. Kami tiba di Sidoarjo pukul 12.30. Kami merasa sangat senang, takjub dan kagum melihat benda-benda bersejarah serta terhadap perjuangan para pahlawan yang rela membela bangsa dan negara sampai titik darah penghabisan.

Ada begitu banyak hal penting yang sudah kami pelajari dari kunjungan ini. Kami sadar bahwa sebagai generasi muda penerus Bangsa, kami harus memiliki rasa patriotisme, berani membela kebenaran dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Dengan bercermin atau meneladani sikap pahlawan yang mulia tersebut, kami ingin menerapkannya dalam kegiatan belajar, sehingga kami mampu menghadapi setiap tantangan untuk mencapai cita-cita.

field trip 6.jpgfield trip 4.jpgfield trip 1.jpgfield trip 2.jpgfield trip 5.jpgfield trip 3.jpgfield trip 7.jpg

boost the values reap the success