| |

Peduli Pada Diri Sendiri

“Sudahkah saya peduli pada diri sendiri?”
Teman-teman, pertanyaan penting ini jarang sekali kita tanyakan pada diri sendiri. Memang, kadang kala kita suka memperhatikan atau peduli pada orang lain, tetapi kita lupa untuk memperhatikan diri sendiri.

Nah, hari Sabtu, 21 September 2013, di sekolah kami, SD Kristen Petra 12, kami belajar untuk mempedulikan diri sendiri secara langsung.
Teman-teman di kelas 1 dan 2 membuat jus buah. Meskipun mereka masih kecil, tapi mereka bisa lho, peduli akan kebersihan diri sebelum membuat jus buah kesukaan mereka. Tidak lupa mencuci tangan dan menata rambut sebelum kegiatan dimulai. Setelah itu, mereka siap-siap menggunakan celemek agar baju seragamnya tidak kotor. Nah, saatnya membersihkan buah-buah segar untuk dijus. Setelah ibu guru membantu memotong buah-buah itu dengan potongan yang lebih kecil, merekapun siap untuk memasukkan potongan buah ke dalam mesin blender. “Jangan lupa gula dan susunya, ya”, teriak Kanthi Devi dengan penuh semangat kepada anggota kelompoknya.

Lain lagi cerita dari teman-teman di kelas III dan IV. Mereka membuat sate buah. Caranya hampir sama lho teman-teman. Mereka juga perlu peduli akan kebersihan dirinya terlebih dulu, sebelum membuat sate buah. "Nyam...nyam...nyam...." sate buahnya segar sekali. Bentuknya yang lucu dan manis, menambah selera untuk memakannya.

Kelas V dan VI, mereka membuat puding buah. Wah... menu yang satu ini memang lebih rumit, karena kami perlu menyiapkan banyak hal. Dan yang terpenting, semuanya harus bersih. Kebersihan diri dan bahan serta alat yang dipakai, agar puding yang disajikan nanti terjaga kebersihannya.

Teman-teman,
Proses pembelajaran ini benar-benar menyenangkan.
Apakah kamu juga sudah peduli pada dirimu sendiri?
Ayo jaga kebersihan, kesehatan, dan kerapian dari diri sendiri, mulai dari sekarang.
Jangan ditunda-tunda ya.

peduli1.jpgpeduli3.jpgpeduli2.jpg

boost the values reap the success