| |

Art, Science, and Charity Event at Petra 12 Elementary School

art science 03

Banyak sekali program yang dicanangkan PPPK Petra sebagai bentuk inovasi demi tercapainya kesuksesan peserta didik. Salah satunya adalah Program Art, Science, and Charity Event yang diadakan setiap tahun di setiap sekolah PPPK Petra. Tujuan utama dari program ini adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat atau talenta yang dimiliki oleh setiap siswa Petra melalui kreasi seni dan pengetahuan.

Pada hari Jumat, 16 November 2018 SD Kristen Petra 12 menggelar Art, Science, and Charity Event. Dalam kegiatan ini para siswa diberi kesempatan sebebas-bebasnya untuk menunjukkan performanya baik dalam bidang seni maupun pengetahuan.

Ternyata kegiatan ini mendapat respon yang luar biasa dari seluruh siswa. Antusiasme para siswa terlihat dari bagaimana cara mereka mempersiapkan penampilan terbaiknya dalam bidang seni dan pengetahuan. Para siswa yang memiliki bakat melukis disediakan tempat khusus untuk menuangkan bakat melukisnya. Peralatan seperti meja gambar, pensil warna, kertas gambar sudah merekan siapkan dari rumah. Tema yang diberikan adalah “My Dream”.

art science 02

Bagi siswa yang memiliki bakat menyanyi pun diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya di aula. Ada yang menyanyi solo ada juga yang vocal grup. Tak ketinggalan untuk para siswa yang berbakat dalam menari, mereka diperbolehkan menunjukkan kepiawaiannya dalam menari di panggung ceria yang telah disediakan. Banyak lagi talenta yang ditampilkan oleh siswa-siswi SD Kristen Petra 12 dalam Art, Science, and Charity Event ini, yaitu membaca puisi, story telling, modeling, dance dan bermain musik.

Untuk kegiatan Science, siswa-siswi kelas I dan II bereksplorasi membuat “Apollo” dari air sabun. Wajah-wajah yang penuh dengan ketertarikan dan keingintahuan ini membuat mereka sangat ingin mencoba bagaimana cara membuat “Apollo”. Dengan bantuan para guru, para siswa mulai membuat Apollo mereka sendiri. Dengan menggunakan bagan-bagan seperti plastik silinder, air sabun, dan pewarna. Setelah bersusah payah, akhirnya Apollo yang mereka buat pun jadilah. Begitu gembiranya hati siswa-siswi kelas I dan II, mereka tak henti-hentinya memaainkan Apollo mereka. Bahkan ada di antara mereka yang beradu kecepatan, Apollo siapa yang bisa meluncur lebih cepat. Sungguh ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi mereka.

Science kelas III membuat kincir angin dari bahan kertas. Cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan menggunting kertas lipat dengan bentuk tertentu, lalu dipasang pada batang kayu atau bambu. Bahan lain yang harus disediakan adalah botol aqua bekas yang digunakan untuk menancapkan batang bambu.

Kelas  IV, V, dan VI diberi kebebasan untuk bereksplorasi menunjukkan kemampuan mereka di bidang science. Alhasil ternyata para siswa sangat kreatif, terlihat dari berbagai macam karya siswa di antaranya, membuat kipas angin dari kaleng bekas, rumah dari stik es krim yang dipadu dengan kincir angin, susunan planet dalam tata surya, dan lain-lain.

Tepat pada pukul 13.30 kegiatan sekolah sekolah berakhir. Para siswa dengan hati penuh sukacita membawa hasil karya mereka masing-masing. Mereka berharap kegiatan Art, Science, and Charity ini bisa dilaksanakan lagi berikutnya.

art science 01

boost the values reap the success