| |

Gerakan Sejuta Pohon: Ini Pohonku…Mana Pohonmu?

IMG_7591.jpgIMG_7756.jpgIMG_7617.jpgIMG_7715.jpgIMG_7765.jpgIMG_7629.jpg

Teman-teman, pernahkah kalian mendengar Gerakan Menanam Sejuta Pohon? Ya…, Benar….! Sesuai namanya, kegiatan ini berhubungan dengan tanam-menanam pohon. Nah, teman-teman, tanggal 10 Januari adalah hari Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup Sedunia. Setiap tanggal ini semua orang di seluruh dunia  diingatkan untuk menyadari betapa pentingnya melestarikan pohon. Pohon merupakan makhluk hidup yang memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia.

Pada hari Jumat, 10 Januari 2020 kami siswa-siswi SD Kristen Petra 12 Sidoarjo melakukan aksi mengumpulkan sejuta pohon. Setiap siswa dihimbau untuk membawa satu tanaman yang akan ditanam di sekolah. Jenis tanaman yang dibawa bebas, boleh tanaman bunga, buah, maupun toga. Ternyata antuasisme para siswa sangat luar biasa. Sekitar 500 tanaman telah terkumpul dan siap ditanam di area SD Kristen Petra 12.

Pagi itu, seluruh siswa siswi mulai kelas 1- 6 berkumpul di aula untuk menyaksikan sebuah tayangan dan penjelasan singkat tentang Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup yang disampaikan oleh Bapak Johanes. Sebelum mendengarkan penjelasan, para siswa menyaksikan sebuah peristiwa yang saat ini sedang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, ya.. peristiwa banjir dan tanah longsor. Bencana ini telah merenggut banyak sekali korban, baik nyawa manusia maupun harta benda tidak terhitung kerugiannya. Semua itu adalah akibat ulah manusia yang telah merusak kelestarian hutan.

Melalui tayangan ini, semua siswa disadarkan betapa pentingnya melestarikan alam lingkungan sekitar. Betapa dahsyatnya kekuatan alam dan kuasa Tuhan. Setelah melihat tayangan, Bapak Johanes melanjutkan dengan beberapa penjelasan yang membuka pemikiran para siswa betapa pentingnya peranan manusia dalam menjaga kelestarian alam. Sejak saat usia anak-anak perlu dibangkitkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Melalui gerakan mengumpulkan sejuta pohon ini, diharapkan para siswa memiliki kesungguhan hati untuk merawat dan memelihara tanaman yang mereka bawa sehingga memberikan manfaat bagi lingkungan sekolah.

Pada pukul 09.30 seluruh siswa masuk ke kelas masing-masing dan menuliskan keinginan, harapan, dan manfaat pohon bagi kehidupan pada selembar kertas dan menghiasnya, lalu memajangnya pada seuntai tali yang telah disediakan di depan kelas. Tanaman yang telah terkumpul nantinya akan ditempatkan di beberapa area sekolah untuk menambah kerindangan dan keasrian sekolah. Melalui kegiatan ini, para siswa diuji untuk memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Setiap hari siswa diharapkan merawat dan memelihara tanamannya supaya dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Terima kasih alamku, terima kasih telah memberikan segala hal yang baik bagi kami manusia. Beri kami kesempatan untuk menjaga dan merawatmu. Agar tercipta keseimbangan kehidupan di bumi. Selamat Hari Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup.

boost the values reap the success