| |

Kunjungan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muslimat NU Pucang ke SD Kristen Petra 12

20190523 101547

Sungguh hari ini, Kamis, 23 Mei 2019  adalah hari yang istimewa bagi kami siswa-siswi kelas  V SD Kristen Petra 12, karena sekolah kami dikunjungi oleh teman-teman dari MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Pengalaman ini adalah yang pertama kali bagi kami. Belajar mengenal sisi lain dari keberagaman umat beragama di Indonesia.

Pagi itu tepat pada pukul 07.00 rombongan dari Sekolah Ibtidaiyah Muslimat NU Pucang tiba di sekolah. Ada 26 siswa yang didampingi oleh 6 orang guru. Segera kami menyambut dengan hangat kedatangan mereka. Dengan ramah dan sukacita kami menerima teman-teman dan mengajak untuk menuju ruang aula.

Di ruang aula, kami bersama-sama menyanyikan lagu Roti dan Mentega, Hari Ini Kurasa Bahagia sebagai ungkapan bahwa kami menyambut dengan tangan terbuka dan sukacita. Setelah mendengarkan sedikit sambutan dari Ibu Aryani selaku kepala sekolah SD Kristen Petra 12, acara dilanjutkan dengan bermain game agar suasana semakin hangat dan erat.

Game-game kecil yang dibuat oleh Ibu Ira benar-benar mampu membuat suasana menjadi menyenangkan. Kami saling berkenalan dan membentuk kelompok-kelompok kecil untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya. Ada 3 kelompok yang dibentuk. Setiap kelompok akan mengikuti kegiatan belajar dari kelas VA, VB, dan VC.

IMG 2035

Kegiatan yang diikuti oleh kelompok 1 adalah bermain Ensamble musik bersama siswa-siswi kelas VC. Di bawah pimpinan Pak Tantyo, Pak Angga, Pak Andy, dan Bu Ary, kami memainkan musik yang berjudul Manuk Dadali. Tak terasa sudah 30 menit kami bermain ensamble musik. Tiba saatnya bagi kami untuk beristirahat. Berhubung saat ini adalah bulan puasa, maka teman-teman dari MI NU tidak mengikuti kita beristirahat, melainkan menuju ke perpustakaan untuk membaca buku dan bersantai sejenak.

IMG 1955

Kegiatan selanjutnya adalah membuat keterampilan Air Terjun. Teman-teman dari MINU pun belajar bersama kami untuk membuat Air Terjun. Bahan-bahan yang disediakan adalah hiasan, daun-daunan plastik, bebek mainan, lem tembak, cangkir dan piring plastik. Wah…! ternyata teman-teman MI NU sangat antusias dalam membuat Air Terjun. Mereka tampak sangat exited dengan kegiatan ini. Kami pun ikut merasa senang bisa belajar bersama mereka…! Nah… inilah air terjun buatanku…! kata Alfian, salah satu dari siswa MI NU.

IMG 1836

Tak puas dengan kegiatan keterampilan, kami pun melanjutkan belajar ke ruang media untuk mengikuti English Fun Learning tentang persatuan dan kesatuan Indonesia. Ada games seru dalam kegiatan ini dan kegiatan membuat gelang cantik yang bertuliskan UNITY. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 tiba waktunya bagi kita untuk pulang. Tetapi kami masih ada 1 agenda kegiatan lagi bersama teman-teman MI NU, yaitu kegiatan bagi-bagi takjil yang dilakukan nanti pada pukul 16.30 di depan alun-alun Sidoarjo.

Saat kegiatan pembagian takjil, kami dan teman-teman MI NU saling berkolaborasi dan berbagi tugas. Kami bertugas membagikan takjil, sedangkan teman-teman MI NU memainkan alat musik bernuansa keagamaan. Wah…! Benar-benar sebuah pengalaman yang luar biasa bagi kami.

Barulah kami memahami sesungguhnya arti dari toleransi yang sesungguhnya. Inilah yang harus kita terapkan di negara kita, yaitu toleransi. Yah, walaupun berbeda agama kita tetap  bisa kompak yah….!

Nah teman-teman, pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari kunjungan ini adalah jadikanlah perbedaan itu sebagai kekuatan bagi bangsa. Dengan toleransi antar umat masalah perbedaan akan teratasi. Mari kita bersama-sama untuk membudayakan, budaya saling toleransi dan saling mencintai antar umat beragama. "Jadikanlah perbedaan sebagai kekuatan yang menumbuhkan persatuan" 

Salam UNITY….!

boost the values reap the success