| |

Joy Within Virtual Celebration

Tahukah teman-teman bahwa ini kedua kalinya kita merayakan kemeriahan HUT RI secara virtual? Hmm… mungkin diantara kita ada yang rindu merasakan nuansa lomba secara langsung, seperti lomba makan krupuk, balap karung ataupun lomba kelereng. Namun, situasi saat ini tidak memungkinkan bagi kita untuk melaksanakannya. Apakah hal ini mengurangi sukacita siswa-siswi di SD Kristen Petra 12? Tentu saja tidak! Karena kami mempunyai segudang acara seru pada tanggal 16 Agustus 2021 untuk merayakan HUT Republik Indonesia ke-76 walaupun secara virtual.

Apa saja sih acaranya? Yang pertama, kami diajak untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka dan memanjatkan doa bagi Indonesia tercinta. Setelah itu, guru kami menyiapkan sebuah kue dan lilin untuk ditiup secara virtual. Kami juga menyaksikan rangkaian video mengenai sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI, fakta menarik seputar pembacaan proklamasi dan juga para pahlawan pandami. Wow, dari video ini kami semakin mengerti bahwa perjuangan pahlawan Indonesia belum selesai. Lalu, siapa yang melanjutkannya? Kita semua! Kamu dan saya lah yang harus melanjutkannya. Kita juga bisa menjadi pahlawan untuk Indonesia khususnya di masa pandemi seperti saat ini dengan cara terus mendukung program pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Setelah itu kami bermain games dengan tema “Seberapa ‘Indonesia’kah kamu?”. Games ini menguji sejauh mana pengetahuan kami akan Indonesia. Wahh… seru sekali pokoknya! Selanjutnya, kami menyaksikan pengumuman pemenang dari berbagai macam lomba lho… Lomba-lomba ini berupa video yang sudah kami buat sebelum acara perayaan berlangsung. Lomba yang kami laksanakan dibagi menjadi 6 jenis untuk 6 jenjang kelas.

Khusus siswa kelas I, mereka mengikuti lomba fashion show virtual menggunakan barang bekas bernuansa kemerdekaan dengan tema pahlawan pandemi. Semua kostum yang diapakai sungguh kreatif. Ada yang memakai kertas bekas ataupun kantung plastik berwarna merah dan putih yang didesain menjadi pakaian unik. Untuk lomba ini dimenangkan oleh Earlynn Widjaja. Sedangkan siswa-siswi kelas II mengikuti lomba ‘Nature Stamp’. Kami menggunakan buah atau sayuran sebagai stamp untuk mewarnai gambar bertema kemerdekaan. Pemenang lomba ini adalah Nicole Jane Susanto, yang mewarnai gambar garuda Pancasila menggunakan nature stamp yang telah dia buat. Lomba khusus kelas III juga tidak kalah seru lho… Kira-kira, kamu bisa menebak, tidak? Ya, benar! Untuk kelas III, kami mengikuti lomba deklamasi. Melalui lomba ini kami diajak untuk mengungkapkan rasa cinta kepada Indonesia melalui puisi yang diiring lagu nasional. Untuk lomba ini dimenangkan oleh Carlos Jaden Susanto, yang menulis puisinya sendiri dengan sangat indah.

Bagaimana dengan siswa-siswi kelas IV? Untuk siswa kelas IV, kami mengikuti lomba kekinian yang asyik, yaitu TikTok dance menggunakan lagu bertema kemerdekaan Indonesia. Lomba ini dimenangkan oleh Kezia Florence, yang berjoged penuh semangat. Teman-teman, lomba untuk kelas V juga tidak kalah seru nih... Kami, siswa-siswi kelas V, mengikuti lomba face painting. Kami menghias wajah menggunakan cat khusus semenarik mungkin, tentunya dengan tema kemerdekaan juga. Lomba ini dimenangkan oleh Whitney Clarence Pakasi yang melukis sayap garuda di wajahnya. Keren sekali. Lomba yang terakhir yaitu lomba Vlog. Lomba ini ditujukan khusus bagi siswa-siswi kelas VI. Kami diminta membuat tips-tips mengenai cara menjaga kesehatan di masa pandemi. Pemenang dari lomba ini adalah Alodia Dengah Sundah. Alodia begitu kreatif mengemas tips-tips sederhana yang bisa kami terapkan dengan mudah.

Nah, itu dia kegiatan perayaan HUT RI di sekolah kami. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung menyaksikan di channel YouTube kami. Sungguh kami merasakan sukacita yang luar biasa. Walaupun dilaksanakan secara daring, namun kemeriahannya masih bisa kami dapatkan. Seperti tema HUT RI kali ini, “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, mari kita terus bersama bertumbuh menjadi generasi muda yang tangguh menghadapi segala tantangan. Sekian cerita dari kami, semoga bisa membawa sukacita juga untuk kalian semua.            

boost the values reap the success