| |

Outing ke Bernardi Sidoarjo

IMG 5925

Pada hari Kamis, 28 Oktober 2019 siswa-siswi kelas II SD Kristen Petra 12 melakukan outing ke Bernardi Sidoarjo. Bernardi adalah sebuah pabrik makanan olahan berbahan dasar daging sapi dan ayam. Tujuan dari outing ini adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak bagaimana proses pengolahan makanan, mulai dari proses pemilihan bahan, pembuatan, dan pemasaran produk makanan olahan. Dengan mengendarai bus, kami berangkat dari sekolah pukul 08.00 dengan hati yang senang dan gembira.

IMG 4989

Sampai di Bernardi kami langsung disambut hangat oleh kakak-kakak pendamping dari Bernardi. Kemudian kami dibagi dalam dua kelompok. Setiap kelompok diberikan pengarahan singkat tentang rute yang akan ditempuh selama outing. Rute pertama untuk kelompok 1 adalah menonton video sejarah berdirinya Bernardi. Setelah mendengarkan penjelasan singkat, kami diberikan beberapa pertanyaan seputar sejarah Bernardi. Bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan hadiah souvenir Bernardi.

IMG 5006 IMG 5055

Rute selanjutnya adalah melihat secara langsung proses pengolahan bahan makanan olahan. Dari sini kami bisa melihat proses pembuatan sosis, nugget, baso,dan burger Bernardi. Dalam proses ini, kami melihat bagaimana setiap bahan makanan mengalami proses pengolahan. Setiap proses pengolahan dilakukan oleh tenaga mesin. Ada juga beberapa tahap pengolahan yang dilakukan oleh tenaga manusia, yaitu pada proses akhir, pengecekan keadaan akhir makanan kemasan.

IMG 5023new

Rute selanjutnya adalah berbelanja di swalayan Bernardi. Dengan membawa keranjang belanjaan, kami pun bebas memilih barang apa yang akan kami beli. Wah ….! Ternyata menyenangkan lho …teman-teman, bisa berbelanja sendiri memilih barang-barang yang akan kami beli. Setelah selesai memilih-milih barang, kami segera menuju kasir untuk membayar belanjaan kami.

Rute selanjutnya adalah praktik menghias burger yang bertempat di restoran Bernardi. Kami telah disiapkan seperangkat bahan yang digunakan untuk menghias burger. Ada selada, tomat, irisan daging, dan saus tomat. Wah…seperti koki beneran lho …teman-teman….!

Setelah puas berkreasi membuat burger, kami boleh menyantap burger kami sekaligus sebagai makan siang kami hari ini.

Ah…! Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 11.00. tiba waktunya kami kembali ke sekolah, untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran. Kami merasa sangat senang hari ini, karena kami bisa belajar banyak hal dari outing ini. Terima kasih untuk pengalaman yang berharga ini. Bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami selama outing. Teman-teman, sekian dulu ya…! Cerita seru kami, sampai jumpa di cerita seru berikutnya. Sampai jumpa…!

boost the values reap the success