| |

Serunya English-Mandarin, Sports, and Maths-Science Rally Games

IMG_20181205_085552_1.jpgIMG_20181206_102511.jpgIMG_20181205_090842.jpgIMG_20181207_091932.jpgIMG20181206090731.jpgIMG_20181205_095826.jpg

Horeee….! Penilaian Akhir Semester I telah usai…. Ahhh! Lega rasanya kami berhasil melalui PAS yang lumayan menguras pikiran. Nah…sekarang tiba saatnya kami, siswa-siswi SD Kristen Petra 12 me”refresh” pikiran dengan mengikuti sebuah kegiatan yang luar biasa asyik….! Namanya English-Mandarin, Sports, and Maths-Science Rally Games. Kegiatan ini digelar selama tiga hari berturut-turut, mulai Rabu-Jumat tanggal 6-8 Desember 2018.

Rally Games pertama yang kami ikuti adalah English-Mandarin. Supaya kegiatan Rally Games bisa berjalan dengan lancar dan leluasa, kami diperkenankan memakai baju bebas dan celana panjang. Aturan dalam Rally Games kali ini adalah setiap kelas dibagi dalam 5 kelompok kecil yang beranggotakan antara 6-7 orang. Dalam Rally Games English dan Mandarin ini, kami dituntut bekerjasama dalam kelompok. Khusus English-Mandarin Rally Games dibagi dalam 3 kategori kelompok yaitu Movers (kelas 1&2), Starters (kelas 3&4), and Flyers (kelas 5&6).

Berbagai permainan seru telah disiapkan untuk setiap kategori. Kelompok Movers, Starters, dan Flyers bermain dalam 5 pos secara berurutan. Pos 1 “Scrambled Letters” yaitu permainan menyusun huruf menjadi kata-kata yang berkaitan dengan alat tulis. Pos 2 “Mistery Puzzle” yaitu permainan menyususn puzzle menjadi nama atau jenis makanan. Pos 3 “In the Jungle” yaitu permainan mendengarkan dan menebak suara binatang. Pos 4 "Youxi Hao” yaitu permainan menebak angka, dan Pos 5 “Water Blast” yaitu permainan mengambil gambar mainan dalam kolam air.

Wah….! sungguh menantang lho…teman-teman permainan dalam setiap Pos. Tapi, menurut saya yang paling asyik adalah permainan di Pos 5, karena kami harus basah-basahan untuk dapat mengambil gambar mainan dari dalam kolam air. Alhasil, baju kami jadi basah semua…!

Keesokan harinya yaitu Kamis, 6 Desember 2018 kami  bermain dalam Sports Rally Games. Ada 4 jenis keterampilan olahraga yang harus kami lalui dalam 4 Pos. Pos 1 adalah merlari Zig-zag dengan melewati rintangan. Pos 2 adalah Driblle Bola sejauh 5 meter. Pos 3 adalah melempar dan menangkap mola. Pos 4 adalah memasukkan bola ke dalam keranjang. Sports Rally Games ini benar-benar menguras tenaga, teman-teman….! Selain dibutuhkan ketangkasan, kami juga harus berlari dengan cepat agar dapat memenangkan Rally Games ini.

Hari ketiga pun tiba. Jumat, 7 Desember 2018, saatnya kami berkompetisi dalam Maths-Science Rally Games. Ada 3 kategori untuk Maths-Science Rally Games ini yaitu kategori kelas 1-2, kelas 3-4, dan 4-6. Semua kategori harus melalui 5 Pos.

Untuk kategori kelas 1&2 Pos 1 “Shake Shape” yaitu permainan memindahkan gambar bangun datar sesuai instruksi. Pos 2 “Silent Numbers” yaitu permainan menebak angka yang ditulis di punggung teman. Pos 3 “Mystery Square” yaitu permainan menebak gambar hewan yang ada di balik kotak misteri. Pos 4 “Wisper POB” yaitu permainan membisikkan huruf sehingga membentuk kata. Pos 5 “Vegetables Mozaik” yaitu permainan menyusun potongan gambar bangun datar menjadi gambar sayuran.

Untuk kategori kelas 3&4 Pos 1 “Animals” permainan menyusun huruf membentuk nama hewan. Pos 2 “Plant Parts” permainan memasangkan nama bagian-bagian tumbuhan pada gambar tumbuhan secara utuh. Pos 3 “Division Wheel Puzzle" permainan memasangkan puzzle dengan hasil pembagian yang sesuai. Pos 4 “Random Multiplication” permainan memasangkan kartu perkalian dengan hasilnya. Pos 5 “Crossword Puzzle” permainan mengisi teka-teki silang.

Untuk kategori kelas 5 & 6 Pos 1 “Nets of 3 Dimensional Figures”  6 gambar jaring-jaring bangun ruang dan menentukan nama bangun ruang yang dibentuknya. Pos 2 “Area of Rectangles & Squares” menghitung luas bangun persegi dan persegi panjang. Pos 3 “Cross Words Puzzle” teka-teki silang tentang science. Pos 4 “What’s the Matter?” eksperiment dan menjelaskan apa yang terjadi. Pos 5 “Which are the net of the Cubes” memilih gambar-gambar yang merupakan jaring-jaring kubus.

Setelah tiga hari berturut-turut kami mengikuti Rally Games, ternyata benar-benar berhasil me”refresh” pikiran kami. Ternyata dengan bermain, kita bisa sambil belajar juga. Terimakasih SD Kristen Petra 12 yang sudah menyiapkan games-games menarik bagi kami. Jangan lupa….! Akhir semester II, kami juga menantikan games-games lain yang lebih seru…! Semangat belajar ya…teman-teman!

boost the values reap the success