| |

Teeth for Health

Aku gigi, mulut rumahku….
Agar sehat dan kuat… aku harus disikat, setiap hari.

IMG20190819110001 2

Hai, teman-teman…! Masih ingat lirik lagu di atas kan…! Ya …benar …! Lagu tersebut mengajarkan kita bagaimana cara untuk merawat kesehatan gigi. Nah, untuk bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut kita, tentu kita harus rajin merawat dan menjaga kesehatan gigi kita.   

Untuk menumbuhkan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut, khususnya bagi para siswa, TIM UKGS (Upaya Kesehatan Gigi Sekolah) SD Kristen Petra 12 melakukan penyuluhan gigi sehat yang dilakukan pada tanggal 19-21 Agustus 2019. Upaya ini dilakukan dengan tujuan agar :

  1. Siswa mempunyai pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut.
  2. Siswa mempunyai sikap/kebiasaan memelihara diri terhadap kesehatan gigi dan mulut.

IMG20190820104219

Upaya preventif ini meliputi sikat gigi masal untuk siswa kelas I dengan memakai pasta gigi yang mengandung fluor. Program ini merupakan agenda rutin TIM UKGS untuk mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi dan merawat kesehatan gigi secara benar kepada setiap murid. Hal ini perlu dilakukan secara rutin karena anak-anak usia sekolah dasar paling efektif dan harus sedini mungkin dilakukan agar menjadi kebiasaan.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dibiasakan sejak dini terutama pada masa gigi bercampur sebab anak usia Sekolah Dasar (SD) tergolong ke dalam kelompok rawan penyakit gigi dan mulut. Tingginya angka karies gigi dan rendahnya status kebersihan mulut merupakan permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang sering dijumpai pada kelompok usia anak Sekolah Dasar.

IMG20190819110022

Tim UKGS SD Kristen Petra 12 yang terdiri dari drg. Kristanti Pudjihastuti dan Suster Maria Eri Wahyuni  mengawali penyuluhan pada pukul 08.00 di kelas. Semua siswa tampak sangat antusias mendengarkan dan memerhatikan penyuluhan yang diberikan oleh dokter dan suster. Demonstrasi cara menggosok gigi yang benar dicontohkan oleh drg. Kristanti Pudjihastuti di depan UKGS. Setelah itu para siswa mempraktikkan bagaimana cara menggosok gigi secara benar.

Beberapa siswa mengaku, bahwa selama ini cara menggosok gigi mereka ternyata salah atau tidak sesuai dengan aturan yang disampaikan oleh TIM UKGS. Mereka menyadari bahwa sangatlah penting merawat kesehatan gigi dan mulut, karena berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Nah, teman-teman…sekian dulu ya… cerita tentang pengalaman kami mendapat penyuluhan pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut. Mulai saat ini kita harus lebih mendisiplinkan diri untuk merawat kesehatan gigi dan mulut kita. Selamat belajar teman…teman…! Salam sehat dan kuat dari kami …siswa-siswi SD Kristen Petra 12. Terimakasih dokter dan suster yang sudah memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada kami. Sampai jumpa di penyuluhan berikutnya …!

boost the values reap the success